Mohon tunggu...
Negara KITA
Negara KITA Mohon Tunggu... Penulis - Keterangan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bio

Selanjutnya

Tutup

Politik

Wiranto: Jangan Pilih Pemimpin Berengsek

23 Januari 2019   09:13 Diperbarui: 23 Januari 2019   09:37 160 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wiranto [Foto: Kristian Erdianto/Kompas]

Masyarakat harus cerdas dalam menggunakan hak suaranya saat Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang. Itulah yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal TNI (Purn) Wiranto. Di hadapan 4.550 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) se-Sumatera Selatan ia juga menyatakan masyarakat harus membekali diri dengan informasi yang lengkap sebelum memilih pemimpin, baik itu untuk Capres dan Cawapres, maupun legislatif. 

Wiranto menegaskan, "Sesuai dengan pemahaman kita, pemimpin memegang peranan yang sangat penting. Pemimpin akan menentukan jatuh bangunnya suatu negara. Jangan pilih pemimpin berengsek, negaranya juga berengsek. Pemimpinnya gila, negaranya bisa bubar." Ia menambahkan bahwa "Negara kita sudah on the right track dan Wiranto ini saksinya. Jadi sudah 5 kepemimpinan saya terlibat langsung di dalamnya. Dari zaman Pak Suharto sampai ke Pak Jokowi."

Jenderal TNI (Purn) berumur 72 tahun tersebut tidak menjelaskan atau merujuk kepada salah satu paslon terkait calon pemimpin yang ia sebut brengsek.  

Sekretaris Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristiyanto menganggap imbauan oleh Wiranto tersebut karena selama ini begitu banyak hoax dan fitnah. Pidato Wiranto mengenai calon pemimpin berengsek disampaikan dengan dasar yang masuk akal karena secara substantif kita menginginkan pemimpin yang baik.

Koordinator Penugasan Khusus TKN Jokowi-Ma'ruf Inas Nasrullah Zubir turut menimpali dengan pernyataannya bahwa sudah sewajarnya rakyat tidak memilih pemimpin yang berengsek. Apalagi pemimpin yang kerap mengumbar hoax dan kebencian. Calon pemimpin seperti itu itu tidak memiliki empati atas hasil kerja orang lain demi meraih kekuasaan sehingga dapat juga disebut sebagai calon pemimpin yang berengsek. Inas berpendapat bahwa Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin tidak termasuk dalam kriteria tersebut.

Sumber:

1. Detik [Apel Siaga Pemilu, Wiranto: Jangan Pilih Pemimpin Berengsek!]
2. CNN Indonesia [Wiranto: Jangan Pilih Pemimpin Berengsek]
3. Detik [TKN: Jokowi-Ma'ruf Amin Tak Masuk Kriteria Pemimpin Berengsek]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan