Mohon tunggu...
nduk adit
nduk adit Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - always alhamdulillah

penyandang rindu aksara

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pentingnya sebuah kemasan produk dalam pemasaran

19 September 2021   12:30 Diperbarui: 19 September 2021   12:33 63 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya sebuah kemasan produk dalam pemasaran
pemotretan-bubuk-kopi-6146c6f10101905413532192.jpeg

Branding adalah cara untuk mengenalkan kepada seseorang mengenai identitas terhadap sebuah obyek tertentu. Sehingga saat ini kita berbicara mengenai produk maka branding adalah cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Kemasan produk atau packaging produk sangatlah berkaitan erat dengan branding itu sendiri. Jika saat ini anda telah memiliki produk namun belum memiliki desain untuk kemasan produk anda, sekarang saatnya mulai membuat desain kemasan untuk produk anda.

            Kemasan pada produk merupakan salah satu unsure yang mempengaruhi banyaknya penjualan atau minatnya konsumen terhadap produk tersebut. Secara umum banyak fungsi dari pengemasan produk pada bahan pangan ialah, mewadahi produk selama distribusi dari produsen hingga ke konsumen, agar produk tidak tercecer, terutama untuk cairan, maupun pasta. Kemudian dapat melindungi dan mengawetkan produk, seperti melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk. Kemudian juga dapat diterapkan sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan.

            Perkembangan usaha di Indonesia saat ini bisa dibilang cukup berkembang. Hal ini bisa dilihat dari sangat banyaknya produk-produk baru yang beredar dipasaran. Dengan ini bisa kita katakan bahwa persaingan pun akan semakin ketat. Oleh karena itu kemasan yang dibuat dengan menarik akan memberikan pesan dan kesan yang berbeda kepada calon konsumen yang membuat calon konsumen tertarik dengan produk kita. Tapi untuk saat ini masih banyak para pelaku usaha yang mengesampingkan peranan kemasan. Padahal akan banyak keuntungan yang diperoleh jika menggunakan kemasan yang menarik.

            Pentingnya inovasi dan desain kemasan ini pernah dikemukakan dalam pelatihan manajemen yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Saat ini hal yang paling pertama kali di perhatikan konsumen untuk adalah melihat dulu kemasannya, kemudian rasa dan bentuknya karena kemasan yang tampak secara nyata. Hal itu jelas harus menjadi focus perhatian khususnya bagi para produsen kemasan untuk menampilkan desain-desain yang menarik dan menjual untuk produk. Banyak kemasan produk yang tidak standar, seperti tidak memenuhi aspek estetika tau keindahan, ergonomis atau mudah dipegang, dan factor keamanan produk.

            Seperti yang sebelumnya, kemasan merupakan media pemasaran dalam menginformasikan produk. Pada kemasan terdapat beberapa informasi yang sangat mendukung bagi orang yang pertama kali melihatnya seperti rasa, berat, waktu kadaluwarsa dan informasi lannya. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan cirri-ciri desain kemasan produk yang bisa menjual yaitu :

  • Bisa menimbulkan daya tarik bagi konsumen karena bentuknya yang berbeda
  • Langsung mengenai persepsi pembeli

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan