Hukum

Indonesia Siaga Pelecehan Seksual

6 Desember 2018   22:04 Diperbarui: 6 Desember 2018   22:10 123 0 0

Pelecahan seksual adalah hal yang menjurus kepada hal - hal yang berbau seks, tetapi hal tersebut tidak diingankan. Pada umumnya pelecehan seksual adalah permintaan atau ajakan untuk melakukan perbuatan seks atau perilaku - perilaku yang menjurus ke arah sesksual tetapi membuat satu orang yang menjadi target dari pelecehan seksual tersebut merasa di intimidasi, dipermalukan, dan hal tersebut adalah hal yang tidak sopan.

Secara langsung pelecahan seksual sering terjadi kepada perempuan, tetapi tidak sedikit juga laki - laki yang dapat dilecehkan secara seksual.

Pada dasarnya pelecehan seksual adalah hal yang " tidak diinginkan " karena pelecehan seksual memiliki sifat yang memaksa. Pelecehan seksual memiliki bermacam bentuk. Bentuk dari pelecehan seksual bukan hanya dengan kekerasan fisik tetapi bisa juga pemaksaan yang dilakukan untuk melakukan sesuatu yang tidak diinginkan, omongan candaan yang berbau seksual juga dapat menjadi bentuk pelecehan seksual .

Pelecehan seksual dapat terjadi dimana saja, dan targetnya kebanyakan adalah perempuan. Pelecehan seksual biasanya terjadi di tempat umum. Pelecehan seksual sangat sering terjadi di kereta, bus , sosial media , tempat kerja , maupun rumah. Kebanyakan dari pelecehan - pelecehan seksual di tempat umum adalah pelecehan seksual non - verbal, dan untuk di sosial media bentuk pelecehan sesksual biasanya berbentuk kata - kata atau tulisan - tulisan yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan pencegahan terjadinya pelecehan seksual kita kaum wanita dapat melakukan dengan cara:

  • Pakaian tertutup ( tidak memakai pakaian seksi saat memakai kendaraan umum
  • Tidak berpergian sendiri pada malam hari
  • Bersikap tegas dan melawan jika terjadi pelecehan seksual
  • Bela diri
  • Jangan diam

Masih banyak yang bisa kita lakukan jika terjadi pelecehan seksual.

Pada dasarnya melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib adalah hal yang paling baik, apalagi negara kita adalah negara hukum yang akan menindak perlakuan pelecehan seksual apalagi saat perlakuan tersebut sudah mengarah kepada kekerasan. Kebanyakan wanita Indonesia tidak melaporkan tersebut karena takut untuk berbicara atau bahkan mereka di ancam oleh orang yang melakukan pelecehan seksual tersebut.

 Mulai dari sekarang ayo kita beranikan diri untuk mulai berbicara dengan apa yang kita lihat atau bahkan kita terima dalam bentuk pelecehan seksual. Wanita juga berhak untuk mendapatkan hak - hak nya sebagai seseorang yang dihargai oleh laki - laki. Jadi untuk para wanita di luar sana, jangan pernah takut untuk melaporkan orang - orang yang melakukan pelecehan seksual karena jika kita hanya diam itu hanya akan membuat pelaku semakin sering berbuat seperti itu kepada yang lainnya. So speak up for yourself!