Mohon tunggu...
Galih setyo ardi
Galih setyo ardi Mohon Tunggu... KARYAWAN

MENCOBA MENULIS

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Sekmen Baru Peminum Kopi

17 Juni 2019   09:15 Diperbarui: 19 Juni 2019   19:54 0 3 0 Mohon Tunggu...
Sekmen Baru Peminum Kopi
dokpri

"Ngopi" istilah ini sudah tidak asing lagi didengar telinga masyarakat indonesia. Istilah ini sebenarnya adalah kata kerja dari meminum minuman kopi, namun kata ini semakin lama berkembang menjadi kata yang memiliki berbagai istilah. 

Jika kita bahas mengenai istilah "ngopi" tidak akan selesai dalam semalam. Mari kita persempit kajian tentang ngopi, disini saya tertarik membahas tentang sekmen baru penyeduh kopi. 

Penyeduh kopi rumahan atau lebih sering disebut home brewer, saat ini sekmen tersebut meningkat dengan sangat pesat. Lalu siapakah mereka yang dapat disebut sebagai home brewer. 

Mereka sebenarnya adalah peminum kopi biasa yang sering nongkrong ke kedai kopi kafe, mereka sudah terbiasa dengan kopi premium atau spesality yang sudah sering mereka minum di kedai kopi. Karena keterbatasan waktu atau sulitnya mencari kedai kopi di wilayah tertentu mereka kemudian berinisiatif untuk menyeduh kopi mereka sendiri. 

Kalau menurut penulis sebenarnya cocoknya disebut "penyeduh mandiri",karena mereka menyeduh kopinya tidak hanya dirumah. Mereka menyeduh kopi mereka sendiri dikantor, diperjalanan ketika traveling dan dimanapun mereka mau menyeduh dan minum kopi. 

Tentu saja kopi yang mereka seduh adalah kopi premium atau spesality yang sudah biasa mereka minum. Hampir rata-rata home brewer menghindari kopi sachet atau kopi kemasan siap minum. 

Hasrat mereka para penyeduh mandiri diiringi dengan perkembangan alat -alat seduh kopi yang semakin variatif menyesuaikan dengan kebutuhan para penyeduh. Berbagai alat seduh baik filter base atau espresso base sangat bervariatif dipasar sekarang seiring dengan perkembangan sekmen baru peminum kopi yaitu para penyeduh mandiri.

Saat ini beberapa dari mereka juga terhubung dengan komunitas yang disebut home brewer indonesia. Komunitas ini menjadi ajang sharing dan diskusi tentang serba serbi kopi. 

Mulai dari metode menyeduh, review alat kopi, rekomendasi tempat ngopi, rekomendasi beans kopi, dll. Komunitas itu semakin memberi candu bagi mereka para menyeduh rumahan yang haus akan ilmu dan pengetahuan tentang serba serbi kopi. Jika kalian pada penyeduh rumahan yang ingin bergabung atau ingin tau tentang asiknya komunitas ini dapat dilihat di facebook home brewer indonesia

Bagi mereka para penyeduh kopi bukan hanya sebuah minuman, beberapa dari mereka bilang kalau menyeduh kopi itu ada unsur seni. Adapula yang bilang menyeduh kopi itu seperti percobaan kimia dan fisika,ada banyak parameter yang mempengaruhi hasil seduhan dan itu sangat menarik. Entah apa difinisi menyeduh kopi bagi mereka namun kopi lah yang menyatukan mereka.  Apakah anda tertarik untuk menyeduh kopi sendiri?

Semua bisa dimulai dengan memiliki alat kopi sesuai kebutuhan anda. Mungkin grinder kopi manual adalah alat pertama yang harus dimiliki, karena kopi yang anda seduh harus fress. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x