Mohon tunggu...
Lingkungan

Dampak dan Penanggulangan Pemanasan Global

8 Februari 2018   23:21 Diperbarui: 8 Februari 2018   23:54 5989 0 1 Mohon Tunggu...

Perubahan iklim adalah peristiwa berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi antara lain suhu dan distribusi curah hujan yang membawa dampak luas terhadap berbagai sektor kehidupan manusia (Kementerian Lingkungan Hidup, 2001). Perubahan kondisi fisik ini tidak terjadi hanya sesaat saja tetapi dalam kurun waktu yang panjang. Banyak faktor yang dapat menyebabkan perubahan iklim, salah satunya adalah pemanasan global.

Pemanasan global merupakan peningkatan rata-rata temperatur atmosfer yang dekat dengan permukaan bumi dan di troposfer, yang dapat berkontribusi pada perubahan pola iklim global. Pemanasan global terjadi sebagai akibat meningkatnya jumlah emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer. Naiknya intensitas efek rumah kaca yang terjadi karena adanya gas dalam atmosfer yang menyerap sinar panas yaitu sinar infra merah yang dipancarkan oleh bumi menjadikan perubahan iklim global (Budianto, 2000).

Meskipun pemanasan global hanya merupakan 1 bagian dalam fenomena perubahan iklim, namun pemanasan global memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap aktivitas manusia. Perubahan temperatur permukaan bumi dapat merubah kondisi lingkungan  kita yang pada tahap selanjutnya akan berdampak pada lingkungan di sekitar kita.

Fenomena pemanasan global yang mengakibatkan perubahan iklim berdampak terjadinya perubahan sosial atau kependudukan dan budaya. Berbagai kajian sosial menemukan bahwa pola hubungan sosial berkaitan sangat erat dengan pola iklim. Hasil kajian IPCC (2007) menunjukkan bahwa sejak tahun 1850 tercatat adanya 12 tahun terpanas berdasarkan data temperatur permukaan global. 11 dari 12 tahun terpanas tersebut terjadi dalam waktu 12 tahun terakhir ini. Kenaikan temperatur total dari tahun 1850-1899 sampai dengan tahun 2001-2005 adalah 0,76C. Permukaan air laut rata-rata global telah meningkat dengan laju rata-rata 1.8 mm per-tahun dalam rentang waktu antara lain antara tahun 1961-2003. Kenaikan total permukaan air laut yang berhasil dicatat pada abad ke-20 diperkirakan 0,17 m.

Laporan IPCC juga menyatakan bahwa kegiatan manusia ikut berperan dalam pemanasan global sejak pertengahan abad ke-20. Pemanasan global akan terus meningkat dengan percepatan yang lebih tinggi pada abad ke-21 apabila tidak ada upaya menanggulanginya.

Pemanasan global dapat mengakibatkan perubahan iklim dan kenaikan frekuensi maupun intensitas kejadian cuaca ekstrim. IPCC menyatakan bahwa pemanasan global juga dapat menyebabkan terjadi perubahan yang signifikan dalam sistem fisik seperti peningkatan suhu permukaan air laut, perubahan pola presipitasi, peningkatan intensitas badai tropis, dan lainnya.

Pemanasan global berakibat pada kehidupan di bumi yang tentunya sudah dapat kita rasakan dan lihat sendiri bukti nyatanya di lingkungan sekitar kita. Mulai dari banyaknya kehidupan spesies yang punah, kebakaran-kebakaran hutan, pemutihan karang, hingga peristiwa mencairnya sebagian es di kutub bumi yang sangat berbahaya bagi ekosistem manusia serta makhluk hidup lainnya.

Kita dapat menanggulangi pemanasan global dengan berbagai cara seperti menanam pohon, melakukan penghematan listrik, mengurangi penggunaan kendaraan dengan bahan bakar fossil, menggunakan bahan kimia yang dapat meningkatkan efek rumah kaca melakukan reuse reduce dan recycle. Selain itu, diperlukan adanya kebjakan pemerintah yang mendukung berjalannya program pengurangan atau bahkan pencegahan dari pemanasan global.

Jika tidak ada upaya yang sistematis dan terintegrasi untuk meningkatkan perbaikan kondisi lingkungan sekitar dari sekarang, maka dampak yang ditimbulkan akibat adanya perubahan iklim ke depan akan semakin besar dan lebih lanjut akan berdampak pada sulitnya mencapai sistem pembangunan yang berkelanjutan.Penanganan perubahan iklim dalam konteks pembangunan membutuhkan manajemen perubahan iklim secara efektif, dan pada saat bersamaan mengantisispasi dampak perubahan iklim global jangka panjang secara komprehensif.

Pemanasan global sangat erat kaitannya dengan perubahan iklim. Walaupun perubahan iklim tidak dapat dihindari dan memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia, apabila seluruh elemen masyarakat saling bahu membahu untuk terus menjaga bumi, maka kita dapat meminimalisir efek perubahan iklim akibat pemanasan global sehingga generasi yang akan datang tidak terbebani oleh ancaman perubahan iklim secara lebih berat.

VIDEO PILIHAN