Mohon tunggu...
Nazmi Syahida
Nazmi Syahida Mohon Tunggu... Penulis

Learning to love the process <3

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Laporan Kunjungan Media Massa ke TVRI Jawa Barat

16 Januari 2020   21:35 Diperbarui: 16 Januari 2020   21:54 7 0 0 Mohon Tunggu...
Laporan Kunjungan Media Massa ke TVRI Jawa Barat
dokpri

Laporan

Narasumber: 

Oka sayuti, Kepala Seksi Siaran Olahraga, sebelumnya Kepala Seksi Produksi Berita. Bekerja sejak tahun 1992

Herman, kepala berita TVRI stasiun Jabar

TVRI merupakan media milik negara bukan pemerintah atau swasta. Jika dulu zaman Harmoko, kepemilikian ada di pemerintah, tetapi sekarang milik masyarakat juga. Hidupnya TVRI karena andilnya masyarakat, semenjak tahun 2002 sudah berubah menjadi TVRI negara. Disebut juga sekarang Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI, bukan lembaga penyiaran swasta ataupun pemerintah.

Televisi Menjadi Media Paling Efektif Dalam Mempengaruhi Masyarakat

Media sebagai salah satu sumber informasi, dimulai dari TV, Radio, cetak dan online. Setiap media mempunyai keunggulan masing-masing. Perbedaanya jika di TV keunggulannya yakni audio dan video. Berbeda halnya dengan media sosial, yang beragam bentuknya, diantaranya instagram, youtube, facebook, twitter. Diantara media tersebut, menurut penelitian, televisi menjadi lebih mudah mempengaruhi orang-orang.

Alasannya, karena jika radio hanya di suara, koran itu suara, sedangkan online atau media sosial belum bisa dikelola dengan baik, juga kurang dipercaya (tersebarnya hoaks). Televisi bisa merubah dan mempengaruhi masyarakat dan negara, sehingga dikatakan paling efektik karena memiliki audio (musik, narasi, sound effect), video (standar, animasi, videografis) dan lainnya.

Pemasang iklan atau perusahaan-perusahaan besar lebih memilih menggunakan TV. Kemudian, media paling banyak dipilih oleh pemasang iklan ialah yang kedua koran, radio, majalah, lalu outdoor (contoh: spanduk), dan terakhir tabloid.

Kebijakan berita TVRI 

TVRI sebagai lembaga penyiaran publik meskipun hal-hal yang ditayangkan atau disampaikan merupakan informasi faktual, menarik, kekinian, dan macam lainnya. tetapi jika sebuah peristiwa yang disiarkan lalu menimbulkan kontroversi baru, memancing opini publi yang malah dikatakan liar itu tidak perlu diberitakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x