Mohon tunggu...
NAZARENE BENA ELOHIM
NAZARENE BENA ELOHIM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi nonton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

9 Desember 2022   20:32 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:41 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Tugas Pasca Geladi

Geladi dimulai dari penugasan pra Geladi, para peserta diberi tugas untuk mendengarkan lagu "Indonesia Raya 3 Stanza" dan menulis bagian yang menarik dari lagu tersebut. Para peserta Geladi juga diminta untuk menonton film yang telah disediakan oleh panitia pelaksana Geladi, setelah memilih dan menonton film tersebut para peserta menjawab pertanyaan yang terdapat di google form sebagai final dari tugas pra Geladi.

Geladi pada hari H dimulai dengan berkumpulnya seluruh peserta Geladi dengan menggunakan kemeja atau pakaian batik. Panitia menjelaskan peraturan untuk pelaksaan Geladi dan memulainya dengan berdoa, pada saat doa pertama dipimpin dengan doa Katolik. Gladi dimulai dan para peserta diminta untuk menonton sebuah video berisi materi. Setelah pemberian materi, kami seluruh peserta Geladi diminta untuk memasuki breakout room masing-masing sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan. 

Disana kami para peserta berdiskusi tentang tema yang telah diberikan, Kami membuat analisis SWOT dari tema tersebut dan akhirnya di presentasikan. Semua kelompok dilombakan untuk presentasi , dan kelompok terbaik akan presentasi didepan semua peserta. Setelah pelaksanaan Geladi selesai, Geladi ditutup dengan doa dan pemberian tugas pasca Geladi.

Pengalaman saya setelah mengikuti Geladi yaitu saya jadi paham mengapa Bahasa, logika, dan Pendidikan Kewarganegaraan itu penting bagi anak muda. Kita sebagai Bangsa Indonesia sudah sepantasnya bangga akan nilai-nilai tersebut. Tema-tema yang diberikan juga membuat saya lebih peka terhadap lingkungan sekitar yaitu Peduli lingkungan.Kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai Warga Negara Indonesia itu penting karena kita akan menjadi generasi penerus yang cerdas, dapat membangun negeri ini dengan baik dan tidak mudah dibohongi oleh orang lain.

Yang saya dapatkan setelah mengikuti Geladi yaitu saya sadar akan pentingnya menggunakan logika dan bahasa sebagai Warga Negara Indonesia. Dan saya juga berlatih untuk berdiskusi dan presentasi dalam kelompok saya. Kemampuan yang secara singkat saya pelajari dalam Geladi ini yaitu kemampuan untuk berdiskusi dengan orang-orang baru dan menghormati pendapat mereka satu sama lain. Saya akan menerapkanya dalam segala bentuk diskusi di dalam kelas dan di luar kelas. Dengan adanya diskusi kelompok saya dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Cara yang akan saya lakukan dalam meningkatkan hal tersebut yaitu dengan sering melatihnya dalam diskusi kelompok Bersama teman-teman saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun