Mohon tunggu...
Naynis Nurrizqy Sabila Putri
Naynis Nurrizqy Sabila Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta

Hobi saya menonton film dan membaca novel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bahasa Indonesia Banyak Dipelajari Warga Asing

30 November 2022   20:30 Diperbarui: 30 November 2022   20:32 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional bagi warga Indonesia dan resmi digunakan sebagai bahasa komunikasi dari berbagai suku, agama dan ras di seluruh Indonesia. 

Mungkin banyak warga kita yang sudah malas dan bosan untuk mempelajari Bahasa Indonesia dikarenakan dalam kehidupan sehari-hari selalu menggunakan bahasa persatuan kita itu, dan juga mata pelajaran Bahasa Indonesia selalu ada di tiap jenjang pendidikan mulai dari PAUD bahkan sampai tingkat perkuliahan. Berbeda dengan halnya warga asing yang justru ingin mempelajari bahasa kita yaitu Bahasa Indonesia.

Tetapi timbul pertanyaan di sekitar masyarakat, mengapa mereka dari negara asing ingin mempelajari Bahasa Indonesia? Jika membandingkan bahasa kita dengan bahasa dari negara lainnya, seperti Korea, Thailand, China, Jepang, Rusia, Arab, India, Yunani, dan bahasa lainnya, tentu Bahasa Indonesia yang cukup mudah dipelajari. Hal ini dikarenakan Bahasa Indonesia dalam penulisan hurufnya tidak menggunakan aksara ataupun huruf latin seperti negara-negara yang sudah disebutkan.

Jika ada yang bertanya apakah Indonesia memiliki aksara, jawabannya ada, yaitu saat ini terdapat 12 daerah yang memiliki huruf aksara. Aksara lokal tersebut adalah aksara Jawa, Bali, Sunda kuno, Bugis, Rejang, Lampung, Karo, Pakpak, Simalungun, Toba, Mandailing, dan Kerinci. Tetapi untuk Bahasa Indonesia sendiri tidak menggunakan aksara, sehingga lebih mudah untuk dipelajari oleh warga asing karena pelafalan, nada, dan intonasi  pun tidak sulit untuk diucapkan.

Banyak negara yang mengenalkan dan mengajarkan Bahasa Indonesia kepada warganya. Bahkan mereka turut memasukkan materi Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran di sekolah mapun kampus. Menurut Kemenlu RI (Diplomasi, No. 106 tahun X), setidaknya ada 52 negara asing yang membuka Program Studi Bahasa Indonesia, beberapa diantaranya Inggris, Amerika Serikat, Australia, Maroko, Vietnam, Kanada, Jepang, Ukraina, Korea Selatan, Hawaii hingga Suriname.

Maka dari itu, kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga terhadap bahasa persatuan kita yang diminati oleh banyak warga asing yaitu Bahasa Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun