Mohon tunggu...
Nayla Fathin
Nayla Fathin Mohon Tunggu... Mahasiswa - you can't take my youth away

Aquarius

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perubahan Sosial Masyarakat Desa di Pujon Kulon, Malang

5 Desember 2021   15:06 Diperbarui: 5 Desember 2021   15:13 49 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Modernisasi desa adalah proses perubahan dari cara- cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Seperti halnya perubahan sosial dan modernisasi di pedesaan yang terjadi di Desa Pujon Kidul, daerah yang memiliki banyak potensi alam, seperti sosial budaya, pertanian, peternakan dan wisata. Namun, karena kurangnya dana impian masyarakat desa di Desa Pujon Kidul tertahan. 

Sudah lama warga Desa Pujon Kidul memendam impian melihat desa mereka hidup dan semarak sebagai desa wisata. Bentang alamnya yang indah, gunung, hamparan sawah, sungai, air terjun, juga kearifan budaya, sungguh sayang jika tak memberi manfaat bagi masyarakat desa. 

Masalahnya, kata Udi Hartoko, Kepala Desa Pujon Kidul, "dana kita sangat terbatas." Tapi Alhamdulillah, impian kepala desa dan warga Pujon Kidul bagai gayung bersambut. Dana Desa yang mengucur sejak tiga tahun lalu dimanfaatkan dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa di tahun 2015. Sejak itu, Desa Pujon Kidul menggeliat dan bangkit. 

Desa ini menjelma menjadi desa wisata yang hidup. Pertanian, peternakan, usaha rumah tangga ikut menerima dampaknya. Lalu pemuda-pemuda desa yang menganggur kini bekerja di unit-unit wisata desa.

Sejak itu, Desa Pujon Kidul menggeliat dan bangkit. Desa ini menjelma menjadi desa wisata yang hidup. Pertanian, peternakan, usaha rumah tangga ikut menerima dampaknya. Lalu pemuda-pemuda desa yang menganggur kini bekerja di unit-unit wisata desa.

Semenjak meluncurnya dana desa, masyarakat di desa Pujon Kidul dapat merasakan banyak perkembangan permberdayaan. Dari sisi pemberdayaan sumber  daya alam dan sumber daya ekonomi masyarakat. 

Kini, masyarakat di desa Pujon Kulon tidak lagi membicarakan pembangunan fisik, namun sudah berbicara tentang ekonomi yang di dapat dari pembangunan yang tengah berjalan. Banyak modernisasi dan perubahan sosial yang terjadi karena adanya dana desa, seperti :

  • Adanya wisata seperti wisata alam dan ada beberapa masyarakat yang menawarkan jasa wisata kuda.
  • Pertokoan yang menjual oleh-oleh khas desa Pujon Kulon berupa makanan atau pernak-pernik (handmade).
  • Para ibu PKK dapat membuat banyak olahan sendiri hasil dari peternakan di desa Pujon Kidul.

  • Menampung 85 pemuda yang pengangguran sebagai pekerja di wisata yang ada di desa Pujon Kidul.
  • Menurunkan urbanisasi, karena kini masyarakat tidak perlu lagi untuk merantau karena di desa nya sendiri sudah menyediakan lapangan pekerjaan yang menjanjikan.

  • Masyarakat desa di desa Pujon Kidul sudah dapat membangun jaringan pipanisasi air bersih (ada masterplannya).
  • Membangun penampungan air bersih yang akan berdampak sampai 40 tahun kedepa.
  • Pembangunan jalan yang merata di tiap-tiap titik di dusun di desa Pujon Kidul, mulai dari skala kecil maupun besar.

  • Tempat pengelolahan sampah terpadu.
  • Mengadakan kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat, seperti program makanan tambahan untuk bayi dan posyandu untuk lansia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan