Mohon tunggu...
Naura Hasna
Naura Hasna Mohon Tunggu... Mahasiswa - MATEMATIKA 2020 UIN WALISONGO SEMARANG

FIGHTING :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Konsep Bilangan Matematika dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa'

5 Mei 2022   23:34 Diperbarui: 12 Mei 2022   02:53 333 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam matematika sangat ideal dengan adanya bilangan. Bilangan merupakan suatu konsep berupa nomor yang dipergunakan utuk membantu hal apapun dalam kehidupan sehari-hari manusia. Macam-macam bilangan dalam matematika ialah bilangan nol, bilangan bulat, bilangan cacah, bilangan prima, bilangan pecahan, bilangan pecahan, bilangan rasional dan irasional,dan lainnya. Dalam Alquran ternyata disebutkan ada 38 bilangan yang berbeda. Dari 38 bilangan tersebut, 30 bilangan adalah bilangan ordinal dan 8 bilangannya adalah bilangan pecahan (rasional).

Pertama, Bilangan ordinal adalah angka yang menunjukan urutan atau posisi suatu benda. Ayat yang menyebut bilangan ordinal misal pertama  (,) , kedua ) ( ketiga (,),... dan seterusnya.

Kedua, Bilangan kardinal dalah sebuah bilangan yang menunjukan sebuah kuantitas. Bilangan ini digunakan untuk menyatakan hitungan dalam benda, menghitung umur, menghitung waktu, menghitung himpunan, dan lain lain. Ayat yang menyebut bilangan kardinal misal satu (,,,), dua (,,), tiga (,),... dan seterusnya.

Ketiga, Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan sebagai a/b dimana a,b merupakan bilangan bulat dan b tidak sama dengan 0. Ayat yang menyebut bilangan rasional yaitu dua pertiga (,,), seperdua (), sepertiga () ,... dan seterusnya.

Konsep bilangan dalam Alquran surat An-Nisa' terdapat pada ayat 1, 3, 11, 12, 15, 20, 25, 43, 102, 152, 171, dan 176. Ayat-ayat tersebut memuat bilangan cacah, bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan irasional, maupun bilangan riil dengan perincian sebagai berikut:

No.

 

Ayat

Teks ayat

Artinya

Konsep Bilangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan