Nasikhatun Umami
Nasikhatun Umami Karyawati Swasta

KLanese

Selanjutnya

Tutup

Muda

Penting Gak Penting

12 Oktober 2017   10:53 Diperbarui: 12 Oktober 2017   10:59 213 0 0

Tulisan "Penting Gak Penting" kali ini  tentang ibu kota negara-negara di Skandinavia. Terkadang kita lupa  membedakan nama ibu kota dari negara-negara di Skandinavia seperti  Denmark, Norwegia, Finlandia, Swedia & Islandia. Berikut sedikit  trik ala-ala saya untuk membedakan nama ibu kota dari negara-negara tersebut dengan teori alfabet atau huruf:

1. Denmark

Untuk  negara yang berbatasan dengan Jerman ini, ibu kota negaranya adalah  Kopenhagen (dalam bahasa Inggris disebut Copenhagen). Bagaimana cara  mengingatnya ? Huruf D (Denmark) paling dekat dengan huruf C  (Copenhagen), sebelum huruf D dalam urutan huruf alfabet. Jadi, ketika  kita mengingat Denmark, otomatis kita akan hafal dengan ibu kota  Kopenhagen / Copenhagen yang mempunyai bunyi konsonan yang sama di awal  kata.

2. Finlandia

Ahhh...  untuk negara Skandinavia paling timur & berbatasan lansgung dengan  negara Rusia satu ini mempunyai nama ibu kota - Helsinki. Bagaimana cara  mengingat nama ibu kota negara dingin satu ini ? Huruf F pada awalan  Finlandia dalam alfabet paling dekat dengan huruf dua huruf setelahnya  yaitu H (Helsinki).

3.Swedia

"Swedia  payung sebelum hujan" begitu salah satu plesetan dalam tutup botol  sebuah minuman berkarbonasi alias minuman bersoda yang saya temui ketika  saya masih bocah, Lupakan sejenak akan permainan dalam minuman soda  tadi. Ibu  kota negara Swedia ini adalah Stockholm. Suatu yang sangat mudah  diingat untuk tahu nama ibu kota negara satu ini. Antara huruf awal nama  negara dan nama ibu kota berawalan yang sama yaitu berhuruf S.

4. Norwegia 

Negara  dengan destinasi pariwisata terkenalnya "si lidah menjulur" /  Trolltunga ini beribukota di Oslo. Nama ibukotanya sekilas mirip nama kota di Jawa Tengah - Solo :D.Untuk  mengingat nama ibu kota - Solo adalah dengan mengingat huruf dengan  negara Norwegia yang berawalan huruf N. Dalam urutan alfabet, setelah  huruf N (Norwegia) adalah huruf O (Oslo).

5. Islandia

Hhhhhmm...  negara yang terkenal dengan pemandangan alam seperti Aurora Borealis  dan Laguna Birunya ini mempunyai nama ibukota yang sedikit susah untuk  diucapkan - Resykjavik. Sekilas terdengar mirip bahasa Belanda (menurut  saya). Tooweeeenk. Trik untuk mengingat nama ibukotanya bagaimana ?  Jujur, saya tidak hafal untuk nama ibukota Islandia ini yang saya  ingat.. pelafalannya agak susah untuk diucapkan.


Semoga berkenan...


Selamat siang, Jakarta