Mohon tunggu...
Naufal Giffari
Naufal Giffari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis dengan ikhlas

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Johan Total Football Cruyff

4 November 2022   00:54 Diperbarui: 4 November 2022   00:57 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
johan cruyyf. Sumber: detik.com

Sepakbola sudah banyak sekali mengalami perubahan. Mulai dari aturan, cara bermain, bahkan strategi. Jika sepakbola modern terkenal dengan sepakbola menyerangnya, tentu ada satu tokoh yang menjadi pencetus tentang bagaimana sepakbola menyerang di era modern, siapa lagi kalau bukan johan cruyff.

Lahir di Amsterdam, belanda pada tanggal 25 April 1947, pria yang memiliki nama lengkap Hendrik Johannes Cruyff ini sudah sangat familiar dikalangan pecinta sepakbola, baik sebagai pemain maupun pelatih. Untuk kariernya sendiri, cruyff memiliki nama besar baik untuk Ajax, Barcelona dan Timnas Belanda.

Ia menjadi bintang untuk ketiga tim tersebut. Pada Piala Dunia 1974, Cruyff hampir saja membawa Belanda menjadi juara dunia namun sayang, ia bersama Timnas Oranye harus bertekuk lutut dihadapan Jerman Barat yang dipimpin oleh Franz Beckenbauer.

Di edisi Piala Dunia tersebut, Cruyff dan Timnas Belanda memang tidak menjadi Juara Dunia. Tetapi, disinilah taktik bernama Total Football muncul. 

Taktik yang mengedepankan penguasan bola, kombinasi antara pemain, ketepatan dalam mengoper serta mengambil keputusan, menjadi perbincangan yang masih hangat sampai saat ini.

Total football atau dalam bahasa belanda totaalvoetbal adalah taktik permainan yang memungkinkan semua pemain bertukar posisi (permutasi posisi) secara konstan sambil menekan pemain lawan yang menguasai bola.

jika membicarakan Total Football pasti terdapat nama Cruyff didalamnya. Bagaimana tidak, ia membuat sebuah revolusi sepakbola dengan pemikiran pemikiranya termasuk Total Football. 

Di era sekarang ini, kita bisa melihat warisan Total Football masih digunakan oleh pelatih pelatih Top Eropa. Sebagai contoh, Jurgen Kloop dan Pep Guardiola. Menurut saya, taktik yang mereka terapkan di tim mereka masing masing adalah warisan dari Revolusi seorang Johan Cruyyf.

"Playing football is very simple, but playing simple football is the hardest thing there is." ~ Johan Cruijff. Kata kata tersebut menjelaskan bahwa bermain sepakbola itu sederhana, tetapi tidak mudah memainkan sepakbola dengan cara yang sederhana. Kita bisa melihat bagaimana Barcelona di era Guardiola. 

Mereka memainkan sepakbola dengan dasar warisan cruyff yang begitu indah dan terlihat mudah. Tetapi, unsur unsur yang terdapat dalam taktik tersebut harus dipenuhi terlebih dahulu dan tidaklah mudah untuk memenuhinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun