Mohon tunggu...
naufal asyraf
naufal asyraf Mohon Tunggu... mahasiswa

BISMILLAH

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Sosial Media sebagai Strategi Penggalangan Empati Sosial

8 Mei 2021   07:14 Diperbarui: 8 Mei 2021   07:18 47 1 0 Mohon Tunggu...

Di era sosial sekarang,Media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari hari dalam melakukan suatu aktivitas,karena media sangat penting sebagai temapt mencari informasi,menambah wawasan,memudahkan berkomunikasi dan juga sebagai alat yang berperan dalam terjadinya perubahan sosial,Perubahan sosial bisa disebabkan oleh adanya perubahan jumlah penduduk,konflik antar masyarakat,kemiskinan,dan lain lain.

Pentingnya memahami media sosial dapat menambah wawasan informasi secara cepat, tetapi banyak informasi-informasi yang biasa disajikan menghilangkan keaslian dari kejadian yang telah terjadi sebenarnya, Oleh sebab itu kita dapat mulai mengikuti akun-akun yang menyebarkan berita-berita positif dan diambil dari sumber sumber yang terpercaya,sehingga anda tidak mendapatkan berita-berita hoax yang tersebar di dalam internet.

banyaknya media sosial yang dapat kita pakai pada saat ini seperti Instagram, Facebook,Twitter, dan surat kabar surat kabar online lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang memberikan kepercayaan kepada masyarakat dalam mendeteksi bencana bencana dan sebagai peringatan terhadap suatu masalah sosial. Dengan adanya media sosial sebagai alat pertama untuk menjadi informan saat terjadinya bencana. informasi yang di dapatkan lebih cepat dari berita resmi yang berakibat kerap dijadikan acuan oleh media konsvensional resmi.

Selain itu peran media sosial jadikan sebagai fasilitator yaitu tempat untuk menelusuri bencana .pada saat ini terdapat sistem digital yang mampu memonitor media sosial untuk kebutuhan yang berkaitan dengan krisis. pada saat pasca bencana media sosial menjadi alat yang sangat efektif untuk menggalang bantuan dan mengumpulkan karyawan. disinilah para Tiap-tiap generasi si menjadi bala bantuan yang secara nyata terjun langsung untuk menolong korban yang terdampak bencana baik mendirikan tenda darurat menyalurkan bantuan, hingga melakukan penyembuhan atau trauma bagi anak-anak.

bahwa tetapi juga menjadi bagian dari suatu yang lebih besar penting dalam kehidupan manusia, media sosial berperan dalam setiap tahap manajemen bencana mulai dari mitigasi,, dan pemulihan pasca bencana.

media sosial telah menjadi penghubung antara Lembaga resmi dengan lembaga lainnya dan juga publik. hal ini menjadikan anne-marie mudahnya penanganan krisis akibat bencana dan membuka peluang sebesar-besarnya untuk menekan risiko bencana.

VIDEO PILIHAN