Mohon tunggu...
Naufal AchmadAlbani
Naufal AchmadAlbani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (Difabel TULI)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Kelas D NIM 20107030149 Difabel TULI Hobi touring dan otomotif Asal Bandung, Jawa Barat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Menembus Batas Kesunyian (2)

12 Maret 2021   15:18 Diperbarui: 12 Maret 2021   15:22 587
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SEKOLAH

Sekolah adalah rumah kedua untukku, banyak sekali ilmu dan pengalaman yang aku dapatkan disekolah, pengalaman manis ataupun pahit. Masa-masa yang paling aku ingat adalah waktu aku di SMP dan SMA. Banyak sekali kenangan yang aku alami.

Karena aku seorang ''TULI'', orangtua aku menyekolahkan aku di SLB (Sekolah Luar Biasa) Khusus Tunarungu/Tuli. Tapi aku juga pernah sekolah di Sekolah Umum waktu SMP, jadi Alhamdulillah aku pernah merasakan juga bergaul dengan teman-teman ''mendengar'', yang tentu ada syka dan dukanya. 

Tapi dari pengalaman yang aku dapatkan, aku lebih nyaman bergaul dengan teman-teman tuli, karena kami bisa lebih saling mengerti. Dan keputusan saat SMA aku kembali lagi ke SLB.

Untuk pertama kali aku kembali ke sekolah asal aku (SLB) aku merasa risih, karena aku belum pandai menggunakan bahasa isyarat, jadi dalam berkomunikasi aku harus banyak belajar.

SMA, Putih-Abu, aku berangkat ke sekolah dengan mengendarai motor ayahku membelikan aku motor, karena jarak dari rumah ke sekolah cukup jauh. 

Pertama kali aku naik motor, ibu aku tidak mengizinkan, karena merasa khawatir, tapi aku berusaha untuk membuat ibu aku yakin ''Mama tidak perlu khawatir, mama berdoa saja agar aku selamat'' kataku, dan akhirnya ibu aku pun mengizinkan aku seperti anak laki-laki normal (mendengar), aku juga sama, senang bermain, suka touring dan itu adalah salah satu dari hobby aku, Touring melihat-lihat indahnya alam, gunung, laut, pantai, aku merasa tenang kalau aku melihat semua itu, keindahan alam, ciptaan Allah SWT.

MASA-MASA SULIT

Seperti kalian juga, aku mengalami masa puber, masa merasakan suka kepada perempuan dan saat itulah masalah-masalah pun muncul, aku pernah merasakan kesal, marah, emosi. Tapi Alhamdulillah orangtua dan saudara (kakak-kakak aku) mau mengerti, mereka begitu sabar menghadapi sikap aku. Dan sampai pada suatu kejadian, aku mau/ingin pindah sekolah jauh meninggalkan Kota Bandung. 

''Aku mau pindah sekolah ke Yogyakarta, karena nanti aku mau melanjutkan kuliah disana'' kata aku kepada orangtua aku. Dengan sabar orangtua aku berkata pada aku ''kamu boleh pindah, tapi kamu harus bisa bertanggung jawab dengan keputusan kamu'', ''iya..inshaa Allah'' jawab aku.

Dan orangtua aku mengurus semuanya untuk kepindahan aku. ''Selamat tinggal Bandung''

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun