Mohon tunggu...
Naufal IlhamSaputra
Naufal IlhamSaputra Mohon Tunggu... Seorang remaja yang mencintai karya sastra berbentuk puisi dan mencoba mempelajarinya

Saya lahir di Surabaya pada 25 Maret 2002, saya seorang mahasiswa di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Saya seorang anak tunggal, hobi saya menggambar, bermain bola, melukis, menulis, dan fotografi.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Indonesia, Dunia, dan Ragam Bahasanya

2 November 2020   09:00 Diperbarui: 2 November 2020   09:02 54 0 0 Mohon Tunggu...

Nama      : Naufal Ilham Saputra 

NIM         : 2440020007

Prodi       : D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja 

Instansi : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

     Berbicara tentang bahasa, siapa yang tidak mengetahuinya ? semua orang di dunia pasti memiliki bahasanya masing-masing. Menurut anda, apa yang disebut bahasa? mengapa bahasa itu penting, dan mengapa ada banyak sekali bahasa yang ada di dunia ini?. Oke, mari saya jelaskan. 

     Bahasa, singkatnya bahasa adalah suatu alat yang digunakan manusia untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia lainnya. Bahasa juga dapat diartikan sebagai suatu penanda dari sebuah masyarakat yang menetap pada wilayah tertentu atau sering disebut sebuah ciri khas. Perkembangan bahasa yang ada di dunia sangatlah rumit, bahkan sampai sekarang ilmuwan yang meneliti tentang asal muasal bahasa juga belum mengetahui secara pasti bagaiamana terciptanya beragam bahasa yang ada di dunia ini. 

      Menurut ilmuwan yang meneliti sejarah bahasa tersebut, beliau berpendapat bahwa terciptanya ragam bahasa ini terjadi karena nenek moyang kita yang bermigrasi keberbagai belahan dunia, dan menetapi suatu wilayah-wilayah tertentu sehingga terciptalah isolasi wilayah yang membuat adanya keberagaman bahasa. Uniknya disetiap wilayah yang berdekatan ditemukan beberapa kemiripan bahasa, seperti bahasa di Negara Cina, Jepang dan Korea. Jarak antar wilayah satu dengan lainnya juga mempengaruhi terjadinya kemiripan ragam bahasa. 

     Oleh karena itulah tercipta banyak sekali bahasa yang ada di dunia ini, tercatat ada 6.500 bahasa. Wow! angka yang sangat fantastis! Berbicara tentang ragam bahasa yang ada di dunia, jangan sampai kita lupa bahwa negeri kita tercinta Indonesia adalah  negara kedua setelah Papua Nugini yang memiliki jumlah bahasa terbanyak di dunia, dengan total 718 macam bahasa. 

     Perkembangan bahasa di Indonesia ini tercipta juga karena adanya migrasi nenek moyang yang menetap di pulau-pulau dan mendiami wilayah-wilayah yang ada di Indonesia. Hal itulah yang membuat betapa banyak bahasa daerah yang ada di Indonesia, tetapi keberagaman yang sangat banyak tersebut disatukan oleh bahasa yang sangat sakral dan mampu menjadi jembatan masyarakat Indonesia, yaitu bahasa Indonesia.

      Dengan adanya bahasa Indonesia, masyarakat yang awalnya tidak mengerti nahasa yang digunakan oleh daerah lain menjadi mengerti apayang sedang diperbincangkan. Bahasa Indonesia sendiri tercipta dan di lantangkan dalam peristiwa "Sumpah Pemuda" yang diselenggarakan oleh seluruh pemuda yang ada di Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Yang didalamnya berisi 

Satu " Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah  yang satu, tanah air Indonesia"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN