Mohon tunggu...
Naufal Dliya
Naufal Dliya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Masih Belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pencerahan TIK

16 Juli 2021   01:25 Diperbarui: 16 Juli 2021   02:49 72 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum Wr.Wb

Hai kalian para pembaca, Perkenalkan kembali saya sang penulis artikel yang masi sangat amatiran dan masih tetep untuk mau untuk belajar menulis artikel, gimana kabar kalian ? pasti baik-baik saja kan? Semoga baik-baik sajaa yaa, kalau ada yang sedang tidak baik-baik saja saya doakan agar cepat membaik dan cepat pulih, saya selaku maasiswa Universitas Ahmad Dahlan akan memperkenalkan diri saya sendiri, perkenalkan nama saya Naufal Dliya Ul-Haq semester 4 program studi Ilmu Komunikasi, saya menulis artikel ini dengan tujuan untuk memenuhi tugas akhir.

Menurut kalian aktivitas apa sih yang kalian lakukan saat sedang menunggu ataupun sedang gabut-gabutnya ? pasti keebanyakan dari kita pasti membuka hp dan ngescroll di media sosial, entah itu instagram, facebook, twitter, tiktok, maupun sedang melihat barang-barang di shoppe. Saat ini, media sosial menjadi hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Media sosial banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan, namun juga terdapat sisi lain dari kehidupan media sosial.

Kalian sudah tahu belum sih tentang media sosial ? Apa aja sih yang kelian ketahuit tentang media sosial ? Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah. Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain. Adanya media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat.

Berikut ada film yang membahas tentang perkembangan sosial media, film ini berjudul The Social Dilemma ini adalah sebuah film dokudrama yang merupakan genre bergaya dokumenter  arahan Jeff Orlowski tahun 2020 yang mengisahkan tentang perkembangan sosial media dan efeknya terhadap masyarakat dunia. Film ini dirilis pada tanggal 26 Januari 2020 dan di sutradarai oleh Jeff Orlowski dan di produseri oleh Larissa Rhodes, film yang berdurasi 1 jam 34 menit ini mengangkat narasi tentang sisi gelap algoritma media sosial yang memanipulasi penggunanya. The social Dilemma menunjukan bagaimana medai sosial melakukan hal-hal mengerikan kepada penggunanya contohya, sekumpulan data pengguna dipakai untuk mengawasi orang-orang hingga memanipulasi tampilan feedsupnya individu tak bisa lepas dari media sosial. Film The Social Dilemma ini meneritakan mengenai dampak negatif dari medai sosial atau dunia maya, media sosial banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan, namun juga terdapat sisi lain dari keidupan media sosial. Pada potongan cuplikan lainnya, The Social Dilemma juga menunjukkan bagaimana sistem algoritma media sosial bekerja. Menurut sutradara Jeff Orlowski, film ini akan membantu penonton menyadari bagaimana media sosial telah menciptakan utopia dan distopia secara bersamaan.

Yang saya lihat dari film "The Social Dilemma" ini membongkar dampak-dampak negatif dari media sosial, diantaranya beredarnya informasi bohong ataupun Hoax, interaksi antara individu yang semakin menurun, bagaimana iklan di internet bekerja dan berdampak, pengaruh kesehatan mental manusia, hingga hal-hal yang berhubungan dengan politik hingga kepentingan negara.

Menariknya, dalam dokumenter ini, terdapat beberapa wawancara dengan orang-orang di balik layar Facebook, Twitter, Instagram dan juga platform media sosial lainnya. Ironisnya, mereka yang dulu bekerja untuk "menciptakan" platform media sosial ini, kini menjadi khawatir dengan dampak berkepanjangan yang akan terjadi. Tanpa disadari, satu platform bisa membawa dampak yang besar bagi 2 milyar umat manusia. Tidak hanya berisi cuplikan wawancara, film ini juga memberikan beberapa ilustrasi adegan. Hal ini mempermudah penonton untuk semakin memahami pesan yang ingin disampaikan melalui film ini.

Beberapa contoh media sosial yang sedang berkembang saat ini yaitu Instragam, Twitter, Facebook, Youtube, Tiktok, dan lain-lain.Seseorang pasti memiliki berbagai motivasi dalam menggunakan media sosial. Sekedar untuk berkomunikasi dengan orang lain, untuk mencari tahu perkembangan sesuatu, untuk berbagi informasi maupun untuk mengikuti salah satu yang menjadi trend saat ini yaitu menggunakan media sosial sebagai bentuk eksistensi diri.

Dalam masa-masa sekarang media sosial seperti mata pisau, yang satu sisinya memberikan manfaat, sedangkan sisi lainnya bisa membahayakan. Saat ini peran media sosial memegang peranan penting dalam menyebarkan informasi yang disampaikan kepada public, namun hal ini tidak terlepas dari penggunaan media tersebut yang dapat menghasilkan hal yang positif maupun negatif. Karenanya, bermainlah di media sosial dengan mengikuti rambu-rambu yang ada, agar tetap nyaman dan aman. Pengalaman saya dalam bersosial media melalalui Facebook, Instagram, Twitter, Telegram, Tiktok dan Youtube sabangatlah menyenangkan, kita bisa mengetahui segala sesuatu informasi dari sana, kita juga bisa melihat aktifitas-aktifitas seperti kehidupan dunia perartisan ataupun orang-orang yang terkenal di media sosial tersebut, apalagi sekarang banyak sekali para artis yang beralih keranah peryoutuban, jadi kita bisa melihatdengan bentuk video vlog yang mereka buat dan diupload ke channelnya masing-masing.

Tidak hanya itu, sosial media seperti Instagram, Facebook ataupun media lainnya bisa saja bertujuan untuk mencari uang, para konten kreator bersaing mengeluarkan produk-produknya dan mepromosikannya di sosial media, tak jarang selebgram terkenal banyak sekali menerima endorse untuk bisa mempromosikan barang-barang tersebut.

Aplikasi yang saat ini sering saya gunakan ialah instagram, instagram ini adalah suatu aplikasi berbasis internet untuk berbagi foto maupun video yang berdurasi maximal 1 menit. Untuk mendukung fungsi tersebut, instagram menyediakan bermacam-macam filter untuk kemudian pengguna bagikan di akun instagramnya masinmasing. Instagram sendiri berasal dari kata insta dan gram. Insta sendiri berasal dari kata "instant" sedangkan gram berasal dari kata "telegram". Telegram sendiri berarti yang cara 10 kerjanya cepat. Dapat disimpulkan bahwa Instagram berarti membagikan foto atau video dengan instan atau snagat cepat. Dalam penggunaannya instagram sangat efektif dalam bertukar informasi di dunia maya. Instagram sendiri memiliki sebutan untuk penggunanya yaitu instagramers. Dengan adanya foto ataupun video yang diunggah lewat akun pribadi pengguna itu berarti pengguna sudah melakukan komunikasi dengan foto maupun video yang difasilitasi medianya yaitu aplikasi instagram. Sehingga followers atau pengguna lain yang telah menjadi pengikutnya dapat langsung berinteraksi dalam kolom komen yang telah disediakan oleh instagram. Dalam kajian komunikasi, pemilik akun berperan sebagai komunikator dan followers berperan sebagai komunikan, foto ataupun video yang diunggah merupakan pesan dari komunikator dan instagram adalah media tempat berkomunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan