Mohon tunggu...
Naufal HafizhanSyah
Naufal HafizhanSyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Lembam

mahasiswa lembam namun...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Literasi Numerasi Melalui Media Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas 7A SMP Pasundan 3 Bandung

18 Oktober 2021   18:23 Diperbarui: 18 Oktober 2021   18:24 91 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi memiliki banyak variasi, seperti literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi sekolah, dan lain sebagainya.

Pandemi COVID-19 masih berlanjut sampai sekarang yang mengakibatkan masyarakat yang sekolah, kerja, dsb. Harus dibatasi seperti bekerja pada jam tertentu, bersekolah dari rumah, bekerja dari rumah atau biasa kita sebut dengan WFH (Work From Home).

Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dinaungi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dengan tema "Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka -- Pusat Prestasi Nasional". 

Tema literasi yang disediakan oleh LPPM yaitu Literasi Baca dan Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, Literasi Budaya, dan Literasi Kewargaan. Kegiatan KKN Tematik tersebut dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus sampai 26 September 2021 yang dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) karena melihat kondisi pandemi sekarang.

Program yang diambil untuk melaksanakan KKN Tematik di SMP Pasundan 3 Bandung yaitu literasi numerasi. Dilaksanakannya KKN Tematik ini diajarkan kepada siswa kelas 7A pada pelajaran Matematika. Media pembelajaran yang digunakan diantaranya adalah grup WhatsApp, Google Classroom, Google Form, dan juga Zoom Meeting.

Media pembelajaran yang digunakan tentu digunakan untuk kepentingan-kepentingan yang berbeda. Misalnya melalui grup WhatsApp digunakan untuk berbicara kepada siswa dan juga informasi-informasi penting lainnya. Melali Google Classroom digunakan untuk memberi tugas kepada siswa dan memberi deadline yang akan ditentukan oleh guru, juga bisa digunakan untuk absen. 

Melalui Google Form digunakan untuk mengerjakan soal-soal yang diberi oleh guru yang diberikan di Google Classroom. Sedangkan melalui Zoom Meeting digunakan untuk berdiskusi membahas soal yang sulit dikerjakan oleh siswa dan dibantu dipelajari oleh mahasiswa yang berkegiatan KKN di kelas tersebut.

Peningkatan literasi numerasi dilaksanakan secara daring dengan cara memberi soal Matematika kepada siswa kelas 7A yang diberi waktu untuk mengerjakan seminggu. Dua hari sebelum pengumpulan tugas pun mahasiswa KKN memberi sesi diskusi untuk mempelajari kesulitan yang dikerjakan oleh siswa melalui Zoom Meeting.

Dengan diberikannya tugas dan pembahasan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 7A SMP Pasundan 3 Bandung dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti ini. Dengan bantuan teknologi yang semakin canggih, tentu saja siswa dipermudah agar tetap dapat belajar meskipun secara daring.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan