Mohon tunggu...
Naufal anasramadhani
Naufal anasramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Psikologi Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Fakultas Psikologi UNDIP: Edukasi Pelaku UMKM untuk Memahami Perubahan Perilaku Konsumen pada Masa Pandemi Covid-19

4 Agustus 2021   15:22 Diperbarui: 4 Agustus 2021   15:31 122 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Fakultas Psikologi UNDIP: Edukasi Pelaku UMKM untuk Memahami Perubahan Perilaku Konsumen pada Masa Pandemi Covid-19
Dok. pribadi

Pelaksanaan KKN tim II 2020/2021 Universitas Diponegoro, Semarang

Desa Kedungsari, Magelang Utara, Kota Magelang

Kedungsari, Kota Magelang (01/08) Pandemi yang belum selesai dengan bertambahnya kasus ini memaksa pemerintah untuk meberlakukan PPKM, tentunya ini mempengaruhi berbagai sektor khusunya pada sektor ekonomi. Hal ini berdampak pada pelaku UMKM dimana sektor usaha yang sebelumnya dapat dilakukan dengan berkaitan secara fisik saat ini terdampak karena adanya pembatasan sosial. Konsumen yang sewajarnya dapat berinteraksi dengan pelaku UMKM juga berubah menyesuaikan keadaan.

Dari latar belakang tersebut, penulis selaku mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Periode 2020/2021 dengan tema Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan (SGDs) Melalui Kuliah Kerja Nyata memutuskan untuk memberikan solusi terkait permasalahan tersebut untuk mengembangkan UMKM daerah. Program kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan edukasi kepada pelaku UMKM di daerah Kedungsari, Magelang Utara Kota Magelang dengan judul "Pahami Perilaku Konsumen Pada Masa Pandemi, Untuk UMKM Lebih Maju".

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Apa itu perilaku konsumen?

Perilaku konsumen adalah tindakan / kegiatan yang dilakukan langsung oleh individu dalam mencari dan menggunakan barang atau jasa, termasuk proses mengambil keputusan dan diikuti tindakan untuk membeli atau tidak.

Dengan adanya Pandemi COVID-19 perilaku masyarakat dunia pun berubah, berdaptasi dengan keadaan virus yang mengancam dan kebijakan baru yang ditetapkan oleh masing masing negara. Perubahan ini berimbas juga kepada sikap dari konsumen di seluruh dunia dan terlebih khususnya di Indonesia.

Faktor -- faktor umum yang mempengaruhi hal tersebut adalah, Pandemi yang memaksa masyarakat berkegiatan dari rumah untuk memgurangi aktivitas di tempat umum dan ancaman bahaya virus covid-19 yang menular, guncangan ekonomi yang dirasakan pelaku usaha sampai dengan masyarakat yang pendapatnya berkurang, dan penerepan sosial distancing dan berbagai peraturan pemerintah. Faktor utama lainya adalah Faktor Psikologis seperti Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Keyakinan.

Apa pentingnya memahami perubahan perilaki konsumen bagi pelaku UMKM?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN