Mohon tunggu...
Geraldine Nathasya
Geraldine Nathasya Mohon Tunggu... Public Relations

President University

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Harus Magang, Kenapa?

6 Juli 2019   23:17 Diperbarui: 6 Juli 2019   23:22 264 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Harus Magang, Kenapa?
Maretta Ambarini /dokpri

Maretta Ambarini
Maretta Ambarini

Tuntutan untuk lulusan yang lebih berpengalaman merupakan standar kerja profesional karena mayoritas orang tua berharap anak-anak mereka memiliki pekerjaan yang layak setelah lulus. Lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan variasi lapangan kerja agar tidak meninggalkan pintu institusi. Pengalaman kerja dan profesional kini hanya menjadi beban untuk mahasiswa saja.

Bagi Mahasiswa President University, mereka yang sudah memasuki tahun ketiga wajib mengikuti program magang untuk memenuhi kriteria sarjananya agar mahasiswa dapat memahami situasi dan kondisi dalam dunia kerja yang nyata. Program ini berlangsung selama kurang lebih empat bulan dan dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa sehingga mereka dapat memahami naik turunnya lingkungan dunia profesional.

Maretta Ambarini, mahasiswa tahun akhir Jurusan Ilmu Komunikasi yang mempelajari konsentrasi Hubungan Masyarakat di President University, sekaligus mantan Vice Chairperson dari PUMA Communications periode 2017-2018, yang saat ini sedang menjalani program magang. Dia bekerja sebagai pekerja magang di salah satu Agen PR terkenal yang telah memenangkan Gold Lions and Silver dalam acara peringatan 50 tahun Big Mac McDonald, PT. Golin.

Maretta sebagai wakil ketua bersama dengan  ketua
Maretta sebagai wakil ketua bersama dengan  ketua

PT.Golin merupakan salah satu perusahaan agensi PR yang menyediakan solusi efektif bagi big brands yang dibagi melalui beberapa bidang praktik utama yaitu konsumen, perusahaan, digital, perawatan kesehatan, multikultural, dan teknologi. Maretta ikut andil di PT. Golin ini dalam bidang yang sesuai dengannya, Public Relations, namun dalam keterbatasan dan kontrol. Melalui empat bulan proses magang tersebut, Ia menjadikannya sebagai kesempatan untuk menjalin hubungan yang luas dan juga mengasah kemampuan dirinya. Bersama dengan para seniornya, Ia menghadapi client dalam hal media relations yang terikat dengan klien mereka.

"Yang paling basic tiap client itu pasti minta media monitoring, jadi kita mesti monitoring pemberitaan apa aja yg muncul terkait client kita beritanya mencakup online dan sehari-hari ya, terus biasanya mereka akan ngadain event gitu eventnya ada macem2 bisa kaya press conference atau peresmian sesuatu gitu" jelas Maretta.

"Nah tugas kita sebagai PR kita itu lebih ke media relationsnya, jadi kalo ada acara kita yang bakal bikin release untuk para media yg dateng dan undang media buat dateng ke acaranya. Setelah acara, ada yang namanya bikin media coverage, nahh itu untuk mengukur PR valuenya, jadi dari acara yang udah dibikin nanti bakal kita hitung PR valuenya dari pemberitaan yang dibuat sama media dan itu juga bakal dilaporkan ke klien" tambahnya.

Maretta berama rekan kerja 
Maretta berama rekan kerja 

Di tahun 2019 ini, PT. Golin berhasil meraih award sebagai "Global Agency of the Year". Perusahaan ini mampu menjaga stabilitasnya dalam menawarkan wawasan dan pemrograman lokal dengan pandangan yang lebih luas untuk para klien dan mendorong perubahan bisnis yang nyata selama lebih dari 60 tahun. Dan sejauh ini, PT. Golin sudah memiliki hingga 50 kantor dan lebih dari 1500 staff.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN