Mohon tunggu...
Nathasya Amanda
Nathasya Amanda Mohon Tunggu... Administrasi - Nim 19110065

Stiamak 4-C

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengembangan SDM di Era 4.0

31 Juli 2021   13:24 Diperbarui: 31 Juli 2021   14:09 168 55 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengembangan SDM di Era 4.0
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo sobat kompasiana! Perkenalkan 

Nama saya Nathasya Amanda, mahasiswi dari semester 4C dengan NIM 19110065. Saya merupakan mahasiswa aktif dari kampus STIAMAK Barunawati Surabaya (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan).  Tak terasa sejak semester tiga dan empat terahir ini saya menjalani perkuliahan dengan proses daring atau virtual zoom yang dikarenakan kita semua sedang menghadapi situasi pandemi COVID -- 19 . 

Pada awalnya, saya atau mungkin teman-teman yang lain merasa kuliah daring sangat membosankan dan kurang menyenangkan karena kita tidak dapat bertemu langsung saat perkuliahan dimulai. Karena di satu sisi untuk menanyakan sesuatu atau pendapat sulit karena ruang interaksi yang terbatas. 

Kali ini saya akan sharing pengalaman perkuliahan saya terkait dengan pembelajaran Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibimbing langsung oleh dosen pengampu saya Bapak Dr. Nugroho Dwi Priyohadi,S.Psi.,M.Sc.psi.CT beliau juga menjabat sebagai ketua di kampus kami tercinta STIAMAK Barunawati Surabaya. 

Pengembangan SDM yang unggul itu sangat penting dalam menghadapi Industri 4.0. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di era sekarang atau kita sebut sebagai era millennial, hampir seluruh kehidupan menjadi serba digital. Seperti contoh hal nya jika kita sedang lapar, dengan mudahnya sekarang kita tidak perlu datang langsung ditempat. Karena sudah terdapat aplikasi yang dapat membeli makanan atau minuman dengan cara memesan via GO FOOD. Dengan adanya aplikasi seperti ini kita sangat terbantu apalagi di posisi pandemi COVID-19 yang virus nya semakin luas penyebarannya .

Hal- Hal yang dibutuhkan sesorang jika ingin disebut sebagai SDM Unggul dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 

Kemampuan berbahasa asing , dalam hal ini kemampuan Bahasa Ingris sangatlah penting karena kemampuan ini adalah pondasi utama dari seluruh bahasa asing yang ada. Bahasa asing ini juga diperkuat dengan adanya sertifikat TOEFL dengan nilai harus diatas rata-rata. 

Sistem pendidikan yang bermutu, artinya kualitas pendidikan sangatlah penting karena berkaitan erat dengan kebutuhan masyrakat dan dunia kerja.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN