Nathaniel Imanuel
Nathaniel Imanuel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa dari salah satu universitas yang ada di Jakarta

"Hijrah ke London": Berkunjung ke Stamford Bridge dan Emirates Stadium

7 Januari 2022   10:37 Diperbarui: 7 Januari 2022   10:40 1399

“London, London…. Ingin ku kesana” sebuah penggalan lagu dari band Changchuters yang berjudul “Hijrah ke London”. Seperti yang kita ketahui bahwa Inggris terkenal dengan negara sepak bola, wajar banyak penggemar sepak bola yang ingin pergi ke Inggris untuk menggunjungi stadion klub sepak bola kesayangan mereka.

Saya juga salah satu penggemar sepak bola Inggris, klub yang saya dukung adalah Arsenal. Saya sendiri telah mendukung Arsenal semenjak saya kelas 4 SD dimana arsenal masih dilatih oleh Arsene Wenger, tentu saja saya sebagai fans Arsenal sangat ingin berkunjung ke Emirates Stadium untuk menonton secara langsung Arsenal bermain.

Kemudian pada tahun 2018 saya dan keluarga memiliki kesempatan untuk berlibur ke Britania Raya, pada saat itu saya merasa sangat senang karena doa saya sejak kelas 4 SD terkabul. Saya dan keluarga berangkat kesana pada saat saya libur kenaikan kelas, lebih tepatnya pada bulan Juni tahun 2018.

Saya dan keluarga terbang menuju London pada tanggal 23 juni 2018. Perjalanan dari Jakarta menuju London kurang lebih menghabiskan waktu 16 jam, itu sudah termasuk transit di Singapura.

Kami tiba di London pada malam hari, karena perbedaan waktu 7 jam dengan Indonesia saya sekeluarga mengalami jet lag. Kami memutuskan untuk bermalam terlebih dahulu sebelom melanjutkan perjalanan.

Keesokan harinya sekitar pukul 10 pagi kami bersiap untuk melanjutkan perjalanan menuju Edinburgh (ibu kota Skotlandia) dari hotel kami langsung menuju London King Cross Station, stasiun yang menyediakan kereta api lintas negara.

Perjalanan dari London menuju Edinburgh, menggunakan kererta api menghabiskan waktu kurang lebih 4 jam. Saya dan keluarga menghabiskan waktu 4 hari 3 malam di Skotlandia.

Saya tidak akan menceritakan detail perjalan saya di Skotlandia, karena saya akan berfokus dengan kunjungan saya ke stadion sepak bola sesuai dengan judul artikel ini.

Saya dan keluarga berangkat menuju London pada tanggal 27 juni 2018, dengan menggunakan transportasi yang sama pada saat menuju Edinburgh. Kami sampai di King Cross Station sore hari, dan kami langsung menuju ke hotel kami yang berada di bayswater untuk menaruh barang-barang bawaan.

Di hari pertama kami hanya berkeliling disekitar hotel, karena kami sudah lelah di perjalanan. Sekitar hotel kami ada banyak sekali restoran dan mini market, jadi kami memutuskan untuk makan. Setelah kami makan, kami memutuskan untuk membeli perlengkapan di mini market sebelum kami kembali ke hotel.