Mohon tunggu...
Nathania Philothra A
Nathania Philothra A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro

Publikasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II UNDIP 2020/2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

HEBOH!! Mahasiswa KKN Undip Bagikan Growing Kit Sayuran untuk Perkuat Ketahanan Pangan Keluarga Secara Gratis

2 Agustus 2021   10:30 Diperbarui: 2 Agustus 2021   11:51 64 3 0 Mohon Tunggu...

Semarang (29/7/21) -  Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir menyebabkan pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah sehingga lebih banyak waktu dihabiskan di rumah yang dapat menyebabkan rasa jenuh. Beberapa masyarakat yang terpapar virus Covid-19 ada yang melakukan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing sehingga memerlukan bantuan tetangga atau saudara terdekat untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Pandemi Covid-19 hingga saat ini pun berdampak pada berbagai sektor, termasuk bidang ekonomi dimana menyebabkan penurunan pendapatan di masyarakat sehingga akan menurunkan ketahanan pangan dalam lingkup keluarga.

Ketahanan pangan merupakan salah satu hal yang penting di masa pandemi seperti ini, termasuk dalam lingkup terkecil seperti keluarga. Ketahanan pangan adalah hal penting terlebih apabila dalam suatu keluarga sedang melaksanakan isolasi mandiri dan sedang mengalami kondisi kesulitan ekonomi sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari. Oleh karena itu, Nathania Philothra Az-Zahra sebagai mahasiswi KKN TIM II UNDIP dari program studi S1–Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian melaksanakan program kegiatan Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan salah satu tema KKN Tahun ini. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Juli 2021 yaitu pada minggu ke-5 KKN. Program kegiatan yang diusung bertema “Edukasi Budidaya Sayuran Skala Rumah Tangga Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Keluarga di Masa Pandemi” dengan target sasaran ibu-ibu di wilayah RT 02 RW 03 Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah. Program tersebut bertujuan untuk menciptakan ketahanan pangan secara mandiri pada lingkup keluarga dengan menanam sayuran skala rumah tangga pada tanah pekarangan di rumah masing-masing serta sebagai alternatif kegiatan di rumah agar tidak merasa jenuh.

Paket growing kit sayuran yang dibagikan 
Paket growing kit sayuran yang dibagikan 

Paket growing kit yang dibagikan terdiri dari pot, polybag, media tanam, benih sayuran seperti kangkung, bayam, serta caisim, dan terdapat panduan praktis budidaya sayuran. Paket growing kit tersebut dimasukkan dalam paper bag yang kemudian dibagikan secara door to door kepada ibu-ibu di wilayah RT 02 RW 03 Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari. Pelaksanaan program tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran.

Pelaksanaan program KKN secara door to door (dokpri)
Pelaksanaan program KKN secara door to door (dokpri)

Dokumentasi bersama salah satu responden (dokpri)
Dokumentasi bersama salah satu responden (dokpri)

Adanya program kegiatan tersebut disambut baik oleh ibu-ibu PKK wilayah RT 02 RW 03 Kelurahan Pandean Lamper dimana terlihat dari antusiasme saat diberikan info akan ada pembagian paket growing kit. “Ku juga mau mbak”, tulis Ibu Nining, “Saya juga mau” tulis Ibu Made Kurniawan melalui grup whatsapp, bahkan Ibu Is Ruchayah telah menyemaikan benih sayuran tersebut dan meminta paket growing kit lagi. Selain pembagian paket growing kit, dilakukan pula pembagian modul budidaya sayuran skala rumah tangga melalui grup whatsapp PKK RT 02 di RW 03 Kelurahan Pandean Lamper.

Pemberian modul budidaya sayuran skala rumah tangga secara online melalui grup whatsapp PKK RT 02 RW 03 Kelurahan Pandean Lamper (dokpri)
Pemberian modul budidaya sayuran skala rumah tangga secara online melalui grup whatsapp PKK RT 02 RW 03 Kelurahan Pandean Lamper (dokpri)

Adanya respon positif dari ibu-ibu PKK RT 02 dengan adanya program kegiatan ini diharapkan warga RT 02 RW 03 Kelurahan Pandean Lamper dapat menciptakan ketahanan pangan mandiri dalam lingkup keluarga dengan menanam sayuran di rumah masing-masing serta sebagai alternatif kegiatan di rumah agar tidak merasa jenuh.

Penulis : Nathania Philothra Az-Zahra – 23020218140041. Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang.

Dosen Pembimbing : Dra. Puji Astuti., M.Si.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x