Mohon tunggu...
Nathanael Ricardo Diaz
Nathanael Ricardo Diaz Mohon Tunggu... Feature Writer, Social Dynamic Enthusiast

Seorang manusia yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap kehidupan. Mari terhubung melalui Instagram: nathanaelricardoo | Facebook: Nathanael Ricardo Diaz | E-mail: ardodiaz123@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Masa Krisis Ekonomi Global, Dapatkah Cryptocurrency Menjadi Jawaban Keamanan Finansial?

21 Maret 2020   14:31 Diperbarui: 21 Maret 2020   14:51 116 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masa Krisis Ekonomi Global, Dapatkah Cryptocurrency Menjadi Jawaban Keamanan Finansial?
Ilustrasi bitcoin | Pixabay

Masalah pandemik yang disebabkan Coronavirus (COVID-19) semakin mempengaruhi keadaan ekonomi dalam skala global. Nilai saham mulai menurun, para investor panik dan menjual aset mereka untuk memegang cash.

Jika ada satu aset yang dapat menjadi counter trend untuk masalah skala global ini, Cryptocurrency seperti Bitcoin merupakan aset menarik di tengah masalah yang terjadi.

Alasan tersebut juga membawa Anda dan saya kembali kepada awal mula tujuan cryptocurrency diciptakan: Merevolusi sistem finansial yang transparan dan terdesentralisasi. Dengan kata lain, tidak ada pihak-pihak tertentu yang dapat ikut campur dalam perkembangan nilai sebuah aset kripto.

Counter trend aset kripto

Aset kripto bitcoin turun dari harga seperti investasi dan saham-saham lainnya. Banyak orang mengira turunnya nilai aset ini karena investasi-investasi konvensional juga ikut menurun.  Setelah turun dari 20% pada awal maret minggu lalu, aset kripto bitcoin menunjukkan perubahan harga signifikan dari harga 70 juta menjadi 112 juta hanya dalam beberapa hari saja.

Ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi pencinta aset kripto, menunjukkan bahwa masalah global seperti ini tidak mempengaruhi nilai dari aset kripto itu sendiri. Walaupun sampai sekarang masih menjadi aset yang paling fluktuatif, aset berbasis digital ini menunjukkan potensi untuk dapat menjadi aset yang aman untuk disimpan di masa-masa krisis seperti ini.

Investasi terhadap aset digital menjanjikan, namun tetaplah waspada

Jika permasalahan covid-19 sudah menuju tahap pemulihan, aset digital ini juga dapat menjadi pertimbangan untuk mengamankan keadaan finansial Anda ataupun saya. Siapa tahu, juga dapat menjadi uang kaget dalam jangka waktu yang cukup pendek.

Tapi untuk sekarang, kesabaran adalah kunci untuk mengamati potensi dan kesempatan di dalam kesempitan yang sedang terjadi sekarang. Siapkan peluru (cash) untuk memborong aset yang dikira akan menguntungkan Anda.

Disclaimer: Tulisan ini hanya sebagai wadah dan informasi bagi pembaca, bukan anjuran untuk membeli ataupun berdagang aset kripto.

VIDEO PILIHAN