Mohon tunggu...
Nathanael YesayaBudiatmaja
Nathanael YesayaBudiatmaja Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar SMA

Halo, saya pemula di sini. Bila ada kritik dan saran, silakan untuk disampaikan, terima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Antisipasi Profesi Peneliti di Era Teknologi

3 Oktober 2022   22:38 Diperbarui: 3 Oktober 2022   22:42 71 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Apa itu peneliti?

Peneliti merupakan seseorang yang meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan atau teknologi. Pada umumnya, peneliti lebih banyak melakukan praktik langsung di laboratorium/lapangan. Peneliti dapat dianalogikan sebagai seseorang yang mempunyai ikatan kuat dengan sains, karena banyak dari mereka yang menghabiskan waktu di laboratorium untuk menyelesaikan berbagai penelitiannya.  

Di masa sekarang, peneliti sangat berjasa dalam kehidupan kita. Berbagai kebutuhan masyarakat baik di bidang pangan, kesehatan, dan teknologi tidak terlepas dari campur tangan mereka. (sumber: https://campus.quipper.com/careers/peneliti)

Lantas di masa yang terus berkembang ini, apakah profesi peneliti akan tergantikan dengan teknologi robot yang lebih canggih dan efisien? Jawabannya, kemungkinan besar akan tergantikan. Banyak sekali kelebihan teknologi robot yang melebihi batasan manusia. Misalnya adalah kemampuan kerja secara cepat dan efisien, multitasking, dll. Dengan semua kelebihan tersebut, profesi yang masih menggunakan sumber daya manusia dan cara tradisional kemungkinan akan kalah bersaing. 

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kemampuan manusia akan tetap digunakan di masa yang akan datang. Biaya pembuatan robot cenderung mahal dan memerlukan banyak perbaikan bila mengalami malfungsi. Selain itu, salah satu kemampuan manusia yang tidak dimiliki robot adalah hati nurani, secara spesifik empati dan intuisi. Robot dibangun dengan sistem koding yang akan memerintah mereka untuk melakukan sesuatu, namun tidak dengan memahami perasaan manusia. 

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk beradaptasi dan bersaing di era teknologi robot, diantaranya adalah:

1. Menguasai teknologi itu sendiri

Dengan berkembang pesatnya teknologi di dunia, manusia harus mempunyai pemikiran positif dan maju, jangan menjadikan teknologi sebagai penghambat. Berbagai kelebihan teknologi ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan penelitian baru yang lebih canggih dan inovatif. 

2. Dapat menjadi navigator dan mobilisasi yang mumpuni

Manusia dituntut untuk terus mengikuti segala perkembangan dan secara cepat mengambil keputusan agar dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi.

3. Mempunyai kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan