Mohon tunggu...
Natasya DewiYolanda
Natasya DewiYolanda Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

New World

Mengenal Lebih Jauh tentang Facebook sebagai New Media

4 September 2022   19:39 Diperbarui: 4 September 2022   23:03 109 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: techfunnel.com

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat menyebabkan lahirnya new media di kehidupan kita. 

Munculnya new media ini diawali dari terjadinya penggabungan media dari media konvensional dengan media baru yang dapat diakses melalui internet. Misalnya berita di televisi yang juga dapat diakses online melalui situs di internet. New media ini yang juga meningkatkan digitalisasi.  

Apa itu New Media?

Media baru (new media) merupakan sebuah istilah yang menjelaskan terjadinya konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terhubung dalam suatu jaringan. 

Lev Manovich menjelaskan new media dalam bukunya yang berjudul The New Media Reader sebagai suatu objek budaya pada sebuah paradigma baru dari dunia media massa dalam kehidupan masyarakat. New media memanfaatkan teknologi perangkat lunak untuk menyebarkan informasi dengan jangkauan yang lebih luas. 

Media baru merupakan media yang terhubung satu sama lain atau saling terintegrasi dengan yang lain. Antara suatu konten dengan konten lainnya dapat terhubung dengan adanya media baru. 

Media baru dianggap sebagai sesuatu yang lebih baru dimana menampilkan informasi dengan new times (terkini) dan new eras (era baru).

sumber: heartware.org
sumber: heartware.org

Unsur utama dari media baru yaitu digitalisasi dan konvergensi. Konvergensi ditunjukkan dari adanya penggabungan antara teks, gambar, video, dan audio yang menjadi satu kesatuan fungsi.

Media baru memungkinkan lebih aktifnya anak muda saat ini karena dapat menyalurkan aspirasi mereka lewat media. Mereka dapat lebih kritis karena semakin luasnya wawasan yang diterima dari media baru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten New World Selengkapnya
Lihat New World Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan