Mohon tunggu...
Natasya Crisia
Natasya Crisia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Ekonomi Riil dalam Jangka Panjang

25 April 2018   01:24 Diperbarui: 25 April 2018   22:17 2507
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PRODUKSI DAN PERTUMBUHAN

Standar hidup suatu negara tergantung pada standarnya kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa. Di suatu negara ada perubahan besar dalam standar hidup dari waktu ke waktu.

Di Amerika Serikat selama abad yang lalu,pendapatan rata-rata yang diukur dengan PDB riil per orang telah tumbuh sekitar 2 persen per tahun. Produktivitas mengacu pada jumlah barang dan layanan yang dihasilkan untuk setiap jam pekerja waktu. Standar hidup suatu bangsa ditentukan oleh produktivitas para pekerjanya.

PERTUMBUHAN EKONOMI DI SELURUH DUNIA

Standar hidup, yang diukur dengan PDB riil perorang, bervariasi secara signifikan di antara negara-negara. Negara-negara termiskin memiliki tingkat rata-rata pendapatan yang belum pernah dilihat di Amerika dan Negara selama beberapa dekade.

Tingkat pertumbuhan tahunan yang tampaknya kecil menjadi besar jika diperparah selama bertahun-tahun. Peracikan mengacu pada akumulasi dan tingkat pertumbuhan selama periode waktu.

PRODUKTIVITAS: PERAN ITU DAN DETERMINANTS

Produktivitas memainkan peran kunci dalam menentukan standar hidup untuk semua negara di dunia.

Mengapa Produktivitas Sangat Penting

Produktivitas mengacu pada jumlah barang dan layanan yang dapat dihasilkan oleh pekerja dari masing-masing jam kerja. Untuk memahami perbedaan besar dalam hidup standar di seluruh negara, kita harus fokus produksi barang dan jasa.

Bagaimana Produktivitas Ditentukan

Input yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasadisebut faktor produksi. Faktor-faktor produksi langsung menentukan produktifitas.

Faktor Produksi

*Modal fisik

*Modal manusia

*Sumber daya alam

*Pengetahuan teknologi

a. Modal fisik adalah faktor produksi yang diproduksi.

Ini merupakan input ke dalam proses produksi yang di masa lalu merupakan output dari proses produksi. input adalah persediaan peralatan dan struktur yang ada digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Alat yang digunakan untuk membangun atau memperbaiki mobil. Alat yang digunakan untuk membangun furnitur. Bangunan kantor, sekolah, dll.

b. Sumber Daya Manusia istilah ekonom untuk pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pekerja melalui pendidikan, pelatihan,dan pengalaman Seperti modal fisik, modal manusia meningkatkan suatu bangsa kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa. Sumber daya alam input yang digunakan dalam produksi yang disediakan oleh alam, seperti tanah, sungai, dan endapan mineral.

c. Sumber daya terbarukan termasuk pohon dan hutan. Sumber daya tak terbarukan termasuk minyak bumi dan batu bara. dapat menjadi penting tetapi tidak diperlukan untuk suatu ekonomi menjadi sangat produktif dalam memproduksi barang dan jasa.

d. Pengetahuan Teknologi,pemahaman masyarakat tentang cara terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa. Modal manusia mengacu pada sumber daya yang dikeluarkan mentransmisikan pemahaman ini kepada angkatan kerja.

PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Pemerintah dapat melakukan banyak hal untuk ditingkatkan produktivitas dan standar hidup. Kebijakan Pemerintah yang Meningkatkan Produktivitas dan Standar Hidup:

*Dorong tabungan dan investasi.

*Mendorong investasi dari luar negeri

*Mendorong pendidikan dan pelatihan.

*Menetapkan hak dan mempertahankan hak milik yang aman stabilitas politik.

*Promosikan perdagangan bebas.

*Mempromosikan penelitian dan pengembangan.

Pentingnya Menabung dan Investasi

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas masa depan adalah dengan berinvestasi lebih banyak sumber daya saat ini dalam produksi modal.

Mengurangi Pengembalian dan Efek Catch-Up

Ketika persediaan modal naik, output tambahan diproduksi dari unit tambahan modal air terjun; properti ini disebut pengembalian yang semakin berkurang. Karena hasil yang menurun, peningkatan tingkat tabungan mengarah ke pertumbuhan yang lebih tinggi hanya untuk sementara.

Dalam jangka panjang, tingkat tabungan yang lebih tinggi mengarah ke tingkat produktivitas dan penghasilan yang lebih tinggi, tetapi tidak untuk pertumbuhan yang lebih tinggi di bidang ini. Efek catch-up mengacu pada properti di mana negara-negara yang mulai cenderung miskin tumbuh lebih cepat daripada negara-negara yang memulai kaya.

Investasi dari Luar Negeri

Pemerintah dapat meningkatkan akumulasi modal dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang dengan mendorong investasi dari sumber asing. Investasi dari luar negeri mengambil beberapa bentuk: 

Investasi asing langsung

adalah modal investasi dimiliki dan dioperasikan oleh orang asingkesatuan.

Investasi Portofolio Asing

adalah investasi dibiayai dengan uang asing tetapi dioperasikan oleh penduduk domestik.

Hak Milik dan Stabilitas Politik

Hak milik mengacu pada kemampuan orang untuk menjalankan otoritas atas sumber daya yang mereka miliki. Penghormatan yang luas secara ekonomi untuk hak properti adalah sebuah prasyarat penting agar sistem harga berfungsi. Penting bagi investor untuk merasa bahwa mereka investasi aman.

Perdagangan bebas

Perdagangan, dalam beberapa hal, sejenis teknologi. Negara yang menghapus pembatasan perdagangan mengalami pertumbuhan ekonomi yang sama itu akan terjadi setelah teknologi besar muka.

Penelitian dan Pengembangan

Kemajuan pengetahuan teknologi telah menuju standar hidup yang lebih tinggi. Sebagian besar kemajuan teknologi berasal dari pribadi penelitian oleh perusahaan dan penemu individu. Pemerintah dapat mendorong pengembangan yang baru teknologi melalui hibah penelitian, keringanan pajak, dan sistem paten.

CASE STUDY

Rehabilitasi dan Rekonstruksi di bangun dari tsunami

SOPON DECHKLA selamat dari tsunami yang melanda beberapa negara di sekitar Samudra Hindia pada 26 Desember 2004, dengan berpegangan pada pohon palem di resort Sofitel Khao Lak, di mana dia bekerja sebagai sopir. Istrinya, seorang pembersih di hotel tetangga, adalah satu dari mungkin 230.000 orang yang tenggelam dalam banjir besar. Sofitel, di mana 220 orang meninggal, terbaring reruntuhan sampai hari ini, ubin atapnya robek dan jendelanya hancur oleh kekuatan ombak.

Mr Sopon telah menemukan pekerjaan di Sarojin, salah satu resor lokal pertama yang dibuka kembali setelah tsunami. Itu sepenuhnya dipesan selama Tahun Baru meskipun tarif musim tinggi yang dimulai pada $ 400 semalam. Tetapi dari 6.500 kamar hotel di daerah sebelum bencana, hanya 1.200 yang kembali dalam bisnis. Khao Lak, bagian dari Thailand yang paling terpukul oleh tsunami, mulai pulih. Tetapi kemajuan itu sangat lambat --- dan, dalam beberapa hal, tidak perlu demikian.

Hal yang sama berlaku bahkan lebih kuat untuk provinsi Indonesia di Aceh dan pantai timur Sri Lanka, yang miskin dan dilanda perang sebelum tsunami melanda, dan mengalami kehancuran yang lebih besar ketika itu terjadi. Dari 1,8 juta orang yang kehilangan tempat tinggal karena bencana, minoritas telah membangun kembali rumah mereka; yang lain telah menemukan tempat tinggal dengan keluarga atau teman, atau di rumah-rumah "transisi" yang cukup padat yang disediakan oleh donor bantuan.

Tetapi sekitar 67.500 korban tsunami di Indonesia masih tinggal di tenda satu tahun dalam upaya bantuan, sementara 50.000 lainnya memadati barak sementara. Diperlukan 18 bulan atau lebih untuk membangun rumah bagi mereka semua (lihat grafik). Sekitar 500.000 orang Indonesia bergantung sepenuhnya pada jatah yang didistribusikan oleh Program Pangan Dunia.

Itu adalah peningkatan dari 750.000 pada awal tahun, tetapi menunjukkan berapa banyak yang masih kekurangan mata pencaharian.

Secara umum, upaya bantuan darurat segera setelah tsunami adalah keberhasilan yang nyata. Tidak seperti bencana sebelumnya sebesar ini, hampir tidak ada yang meninggal akibat wabah penyakit, kekurangan air bersih atau kelaparan di tengah bencana, bahkan di pulau-pulau terpencil di luar India dan Indonesia.

Di beberapa bidang, pemulihan telah berjalan sangat cepat: sebagian besar anak-anak di daerah yang terkena tsunami kembali ke sekolah, meskipun belum tentu di gedung yang layak. Di Indonesia, misalnya, Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mendirikan sekolah sementara bagi lebih dari 500.000 anak-anak.

economist.com
economist.com
Jarak yang panjang
Transisi dari bantuan darurat ke rekonstruksi menjadi kurang lancar. Baik di Sri Lanka dan Indonesia, pihak berwenang membentuk badan-badan khusus untuk mengawasi rehabilitasi. Itu masuk akal, karena tugas besar akan membanjiri lembaga pemerintah yang ada, terutama karena ombak telah menyapu banyak staf dan kantor mereka.

Tetapi menciptakan birokrasi paralel membutuhkan waktu, dan pasti akan memancing persaingan dengan yang sudah ada. Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Indonesia (BRR) tidak dibuat hingga April, dan tidak beroperasi penuh selama beberapa bulan setelah itu.

Uang, dalam teori, seharusnya tidak menjadi masalah. Curahan simpati setelah tsunami menghasilkan janji lebih dari $ 13 miliar dalam bentuk bantuan internasional dari satu jenis atau lainnya. Sumbangan dari individu dan perusahaan swasta saja mencapai lebih dari $ 5 miliar.

Beberapa badan amal, seperti Mdecins Sans Frontires, sebenarnya mulai menolak sumbangan untuk korban tsunami, mengatakan mereka sudah memiliki uang sebanyak yang mereka bisa gunakan.

Tetapi para donor lebih lambat menghabiskan uang daripada membesarkannya. Dari $ 2 miliar atau lebih dalam bantuan yang dijanjikan bahwa pemerintah Sri Lanka sedang melacak, hanya $ 1 miliar yang benar-benar telah diserahkan, dan hanya $ 141 juta yang telah dihabiskan.

Angka-angka ini dapat membesar-besarkan kelambanan donor, kata Aidan Cox dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), yang membantu mengatur sistem pelacakan-tetapi mereka mungkin tidak jauh.

Dalam upaya rekonstruksi apa pun, para pekerja bantuan menunjukkan, selalu ada trade-off antara kualitas dan kecepatan. Mengingat jumlah uang yang mereka habiskan, dan jumlah perhatian yang diterima pekerjaan mereka dari media, banyak lembaga memutuskan untuk membuat proyek model dari pekerjaan bantuan tsunami mereka.

Tetapi beberapa penundaan adalah hasil dari ketidakmampuan sederhana daripada perencanaan yang rumit. Selama pengangkutan udara awal, beberapa badan amal terbang dengan sumbangan pakaian musim dingin yang tidak diinginkan dan tidak diinginkan, yang menambah kemacetan di bandara.

Baru-baru ini, badan-badan bantuan telah membombardir para nelayan dengan menawarkan kapal-kapal baru, tetapi tidak ada yang membayar untuk membangun kembali pabrik-pabrik yang digunakan untuk memasok es untuk melestarikan hasil tangkapan mereka.

Tampaknya tidak ada yang menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan langkah-langkah sementara. Baru-baru ini saja BRR memulai dorongan nyata untuk membangun tempat penampungan sementara untuk menggantikan tenda-tenda selama menunggu lama untuk perumahan permanen.

Upaya rekonstruksi juga tidak merata. Di Thailand, provinsi Phuket yang lebih kaya dan relatif tanpa cedera telah menerima lebih banyak bantuan daripada Phangnga, provinsi yang mencakup Khao Lak. Kelompok-kelompok dengan sedikit pengaruh politik, seperti imigran Burma ilegal di Thailand, atau minoritas Muslim Sri Lanka, mendapat kurang dari pembagian bantuan yang adil.

Dengan cara yang sama, Bank Dunia mengeluhkan bahwa penyebab-penyebab yang modis, seperti kesehatan dan pendidikan, telah memenangkan lebih banyak perhatian daripada pekerjaan yang sama-sama layak tetapi kurang glamor, seperti pengerukan pelabuhan-pelabuhan yang terendam.

Cox dari UNDP mengatakan bahwa dari $ 354 juta yang dialokasikan untuk pembangunan jalan di Aceh, hanya $ 8 juta yang benar-benar telah dicairkan. Tidak heran, kemudian, bahwa dari 3.000 km (1.900 mil) jalan yang dilalui tidak dapat dilalui, hanya 354km yang telah dipulihkan.

Sejauh ini hambatan terbesar bagi upaya rekonstruksi adalah skala kehancuran yang sangat besar. Panjang garis pantai di Aceh naik atau mereda selama gempa yang mendorong tsunami, meninggalkan tanah pertanian terendam dan terumbu karang di atas air. 

Lapangan dipenuhi dengan batu-batu atau basah kuyup dengan air asin. Jalan dan pelabuhan telah hanyut, sehingga sulit untuk membawa peralatan berat atau persediaan. Jalan sementara yang dibangun tentara Indonesia sudah mengikis hujan lebat.

Tenaga kerja terampil dan bahan bangunan juga sangat terbatas. Tidak ada cukup pekerja, mesin dan persediaan di Aceh untuk membangun lebih dari 5.000 rumah sebulan. Lembaga-lembaga bantuan, tentu saja, ingin menggunakan kayu dari sumber-sumber legal. Tetapi baik Sri Lanka maupun Indonesia tidak cukup menghasilkan secara lokal, sehingga harus diimpor dari Australia dan Selandia Baru.

Bahkan ketika lahan telah dibuka dan persediaan tersedia, rekonstruksi seringkali tidak dapat dimulai dengan segera. Sengketa tanah banyak sekali, karena tsunami menghancurkan banyak penanda dan tindakan pembatas, jika mereka ada di tempat pertama. Jumlah kematian yang sangat besar telah menghasilkan banyak sengketa warisan.

Pengembang properti yang tidak bermoral dikatakan telah merebut tanah pesisir yang berharga di Sri Lanka dan Thailand untuk membangun resor baru. Tanah yang cocok harus ditemukan untuk sekitar 30.000 keluarga di Aceh yang harus pindah secara permanen, karena properti lama mereka tidak lagi layak huni.

Namun, Bank Dunia dan BRR, dalam laporan terbaru tentang tahun pertama rekonstruksi di Indonesia, berpendapat bahwa pekerjaan telah berjalan dengan cepat dibandingkan dengan bencana di masa lalu. Butuh waktu tujuh tahun bagi sebuah kota sekaya Kobe di Jepang untuk pulih dalam hal populasi, pendapatan dan aktivitas industri setelah gempa bumi pada tahun 1995, catatan laporan itu.

Summer Gambar.

* Alan Heston, Robert Summers and Betinna Aten, Penn World Table 6.3, University of Pennsylvania, August 2009

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun