Sosbud

Ayo Lestarikan Budaya Indonesia!

1 Desember 2018   08:05 Diperbarui: 1 Desember 2018   08:58 85 0 0

Indonesia memiliki bermacam-macam budaya. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki wilayah yang luas, sehingga masing-masing daerah memiliki kekhasannya masing masing. Mulai dari bahasa, budaya, ras, suku, adat istiadat dan sebagainya. Dengan perbedaan ini seharusnya kita dapat memaknainya sebagai  kekayaan yang harus kita manfaatkan sebaik baiknya, sebagai sarana untuk saling melengkapi. Bukan justru malah memecahkan persatuan karena adanya perbedaan. 

Namun pada faktanya banyak sekali masyarakat Indonesia yang kurang peduli dan mencintai kebudayaan negaranya sendiri. Terlebih di era yang serba modern ini. Banyak orang yang meninggalkan kebudayaan karena lebih mementingkan mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi . Hal ini tidak salah juga karena kita sebagai manusia harus dapat berkembang mengikuti kemajuan zaman, namun jika hal ini tidak diimbangi dengan kepedulian terhadap bangsa, negara, maupun hal-hal yang ada di dalamnya maka akan menimbulkan berbagai perpecahan. 

Maka dari itu kita sebagai warga Indonesia sudah seharusnya sadar untuk menjaga Indonesia terlebih di bidang kebudayaan, terlebih di era globalisasi ini. Sekat antar dunia sudahlah tidak menjadi halangan sehingga banyak masyarakat yang mulai mengikuti cara hidup kebarat-baratan dan meninggalkan kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Mengapa kita harus melestarikan budaya Indonesia? Karena budaya adalah salah satu warisan dari nenek moyang kita yang tak ternilai harganya. Budaya juga merupakan identitas bangsa yang membuat kita memiliki kekhasan yang berbeda dengan negara-negara lain. Kita harus melindungi, melestarikan serta mencintai kebudayaan Indonesia.

Seperti yang pernah kita semua ketahui sebelumnya, bahwa Indonesia memiliki kain batik yang melambangkan ke khas an negara Indonesia, namun kita semua tahu bahwa Negara Malaysia pernah mengeklaim kain batik sebagai ke khas an negaranya. Hal ini sungguh tidak disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

Hal ini dikarenakan rasa kurang memiliki bangsa Indonesia terhadap kebudayaannya, pada saat sudah terjadi kejadian seperti itu barulah kita semua sadar dan berusaha mempertahankan apa yang memang sudah seharusnya menjadi milik kita. Banyak warga negara Indonesia yang terbuai menikmati buadaya barat yang sedang menjadi tren, tanpa dapat mengimbanginya dengan baik.

Untuk menghindari hal-hal yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya kita harus mulai mencintai kebudayaan Indonesia sejak dini. Penerapannya bisa kita mulai dengan mempelajari budaya tersebut, baik dengan mengenal maupun ikut berpartisipasi dalam menerapkannya ke dalam kehidupan kita. 

Selain itu kita juga dapat berpartisipasi apabila ada kegiatan pelestarian budaya, misalnya dengan mengikuti kompetisi tentang kebudayaan seperti tari tradisional, mementaskan budaya tradisional pada acara atau kegiatan tertentu, pada saat hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengadakan pementasan berbau perjuangan, sehingga masyarakat lebih paham lagi mengenai perjuangan bangsa dengan harapan dapat lebih mencintai tanah air kita. Kita sebagai generasi penerus bangsa juga harus mengajarkan kebudayaan itu pada generasi selanjutnya sehingga kebudayaan yang kita miliki tidak musnah dan dapat tetap bertahan.

Melestarikan budaya Indonesia bukan berarti menutup diri sepenuh-penuhnya dengan budaya negara lain, serta menutup diri dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Khususnya di era globalisasi ini kita tidak bisa sepenuhnya menutup diri dari perkembangan zama, itu juga bukan hal yang diharapkan. 

Sebaiknya kita dapat menyeleksi pengaruh globalisasi yang masuk jika itu merupakan hal positif maka kita dapat mengikutinya namun jika merupakan hal yang buruk maka kita harus menolaknya. Hal pertama dan utama yang harus kita miliki untuk melestarikan kebudayaan Indonesia adalah kesadaran diri akan besarnya rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

Mari kita lestarikan kebudayaan Indonesia, ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. Mari kita jaga kebudayaan Indonesia sebelum negara lain yang menjaganya.

Sekian artikel saya kali ini, terimakasih.