Mohon tunggu...
Natalis Ransi
Natalis Ransi Mohon Tunggu... Mahasiswa - learn and share

Iman, pengharapan dan kasih...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Orang muda Indonesia

10 Mei 2019   22:24 Diperbarui: 10 Mei 2019   23:18 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Orang muda yang saya maksudkan disini adalah putra-putri bangsa Indonesia dikisaran umur 17 - 27 (klasifikasi menurut saya sendiri). Kenapa? diumur itu? sesuai dengan pengalaman hidup mungkin, artinya saya sekarang bukan orang muda lagi ya... ha ha ha ha... Bukan  tidak beralasan saya memilih rentang diumur tersebut. Karena secara rata-rata pada umur direntang itu peluang putri-putri indonesia bereksperimen secara bebas terhadap pikiran, berdebat atau sekedar berinteraksi dengan sekitar.

Gambar diatas adalah salah satu kegiatan saya direntang umur 17-27, yang boleh saya klaim sebagai hasil dari ekperimen secara bebas terhadap apa yang saya liat, dengar, dan minati. Bagi teman2 yang terlibat dikegiatan itu pasti akan mengingat bahwa kegiatan tersebut terselenggara melalui proses ... ada tahapan-tahapan sehingga itu terjadi. Tidak instan....

***

Menarik melihat kuliah umum yang disampaikan oleh Menteri Kerungan Republik Indoensia, Ibu Sri Mulyani di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM yang dipublikasikan oleh akun Berita Hot Terkini dan tanggal 15 Okt 2018 [1]. Poin yang saya dapat adalah bahwa persepsi dangkal dan bersifat instan  ada pada golongan orang muda Indonesia saat ini (pertanyaan salah satu mahasiswa). Selanjutnya keadaan tersebut dapat diubah dengan menyadarinya terlebih dahulu. INGAT MENYADARINYA DULU....

Lalu secara bertahap kita melakukan aksi untuk melakukan perubahan persepsi tersebut. Hal ini tidak hanya didiskusikan semata, perlu aksi nyata... aksi nyata tersebut bisa saja dilakukan dalam senyap dan mungkin tidak menarik bagi banyak orang. Namun diakhir pasti akan memiliki dampak yang luas.

Mari ..orang muda Indonesia, berkaryalah untuk Indonesia Kita

Referensi:

[1] https://www.youtube.com/watch?v=R6X5ybbcO9g

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun