Mohon tunggu...
Natalis Ransi
Natalis Ransi Mohon Tunggu... Mahasiswa - learn and share

Iman, pengharapan dan kasih...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cerita Akhir Pekan bersama HMPS Ilkom FMIPA UHO

30 Maret 2019   22:46 Diperbarui: 30 Maret 2019   23:43 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. HMPS Ilkom FMIPA UHO

“Jam berapa Bapak masuk kantor?” kalimat pertama yang disampaikan nio ketika baru saja beranjak dari tidurnya. Jam menunjukkan 6.30 WITA, “jam 8 nak”,  saya menjawab lalu menghapirinya kemudian kembali lagi ketempat semula untuk memastikan materi / bahan persentasi saya sudah sesuai dengan tema acara hari ini.  “oooo….. mama tidak masuk kantor kan” dia kembali bertanya, untuk memastikan bahwa hari ini dia ditinggal lagi__he he he... dia ingat betul semalam sebelum tidur saya sampaikan bahwa besok Bapak akan ada acara dikampus....

Ya, hari ini, saya diundang oleh panitia kegitan di Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Komputer, FMIPA UHO untuk menjadi narasumber pada Pelatihan Teknologi Informasi yang bertemakan “Versioning Control System (VCS) dan PHP Framework". Sesi untuk saya sebenarnya disiapkan oleh panitia jam 9.30 – 12.00. Tapi saya sudah hadir pukul 8.30 pas di lokasi. Kali ini panitia memilih Aula Fakultas MIPA UHO sebagai tempat kegiatan.

Dok Pribadi: suasana ruangan masih sepi....
Dok Pribadi: suasana ruangan masih sepi....

Kondisi Aula yang baru saja mengalami perombakan dibagian dinding dan langit-langit mungkin menjadi salah satu alasan panitia memilih tempat ini (apa ada alasan lain.....?) he he he.... ruangan yang nyaman dengan pendingin  yang masih berfungsi dengan baik, serta posisi kursi yang tersusun rapih semoga menjadi pendukung peserta dalam menerima materi yang saya sajikan....

***

Tepat pukul 9.30 panitia menyerahkan panggung ke saya untuk diolah. 30 menit pertama sya gunakan untuk menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan latar belakang kenapa sampai VCS dan PHP Framework saya pilih sebagai aplikasi utama dalam pembuatan sebuah aplikasi. Materi presentasi dapat dilihat di sini

Pada kegiatan kali ini saya memilih menggunakan beberapa asisten... asik... untuk secara langsung memperlihatkan penggunaan beberapa aplikasi yang digunakan dalam mengembangkan sebuah perangkat lunak komputer. Suasana kegiatan berlangsung lumayan interaktif. Dalam sesi tanya jawab kami mendapat 4 pertanyaan dari sekitar 50-an peserta. 

Peserta yang hadir, tidak hanya dari program studi ilkom saja, ternyata sebagian besar peserta adalah mahasiswa dari program studi yang berbeda. Panitia lumayan juga dalam menjadi 'masa' nih.... selamat kepada panitia.

Diakhir paparan materi saya sempat saya sampaikan seperti ini: "Beberapa hal dalam hidup kita, tidak cukup dipandang dengan SETUJU atau TIDAK SETUJU, tetapi hal lain yang harus kita lakukan adalah berusaha memandangnya dengan cara berbeda, mungkin cara itu unik, hanya ada dalam diri kita". Natalis Ransi, 2019 (dirangkum dari pernyataan Linus Tovalds dan Tere Liye)

Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi peserta. terlebih yang mau benar2 menjadi developer-developer muda. Indonesia menunggu karya kalian. Terima kasih juga kepada panitia yang telah mengundang, terlebih diakhir acara sempat ada bingkisan, terima kasih sekali lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun