Mohon tunggu...
Amelia Hadiwinata
Amelia Hadiwinata Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Creator

Traveling

Selanjutnya

Tutup

Money

MITA dari Mandiri untuk Kita

25 Maret 2018   16:13 Diperbarui: 25 Maret 2018   19:10 1437
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kamis, 15 Maret 2018 Bank Mandiri meresmikan layanan chatbot MITA. Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono dan Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans di Plaza Mandiri Jakarta. Ingin tahu lebih banyak mengenai layanan terbaru Bank Mandiri ini? #SaatnyaTanyaMITA! Dalam tulisan kali ini penulis ingin mengulas dan membagikan informasi terkait MITA.

MITA merupakan akronim dari Mandiri Intelligence Assistant yang merupakan layanan terbaru dari Bank Mandiri. Layanan ini merupakan chatbot yang berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah selama 7x24 jam. Menurut Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono, chatbot MITA merupakan salah satu langkah transformasi digital Bank Mandiri dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien dan customer-oriented.

MITA bersifat customer-oriented karena memang dibuat semata-mata untuk kemudahan customer Bank Mandiri. Melalui MITA customer Bank Mandiri dapat menanyakan segala hal yang berhubungan dengan Bank Mandiri kapanpun dan dimanapun. Karena MITA aktif 7x24 jam, sehingga para customer tetap dapat dibantu saat malam hari atau di hari libur sekalipun. Cara untuk mengakses MITA juga tidaklah sulit. MITA dapat diakses di beberapa platform media sosial yang sudah lazim digunakan masyarakat.

www.facebook.com
www.facebook.com
MITA dapat diakses melalui aplikasi chatting LINE, Telegram, ataupun melalui aplikasi Facebook Messenger. Ketiga aplikasi di atas dapat kamu download di play store. Selanjutnya, pengguna harus mengikuti akun resmi Mandiri @bankmandiri untuk LINE dan Facebook Messenger atau @bankmandiri_officialbot untuk telegram. Setelah mengikuti akun resmi Bank Mandiri, kamu bisa langsung menanyakan hal yang kamu ingin ketahui kepada MITA. Selain dapat diakses dengan media sosial, MITA juga dapat diakses melalui website Bank Mandiri.

Peluncuran MITA sendiri didasari oleh kemajuan teknologi dan perubahan kebutuhan masyarakat. Masyarakat modern saat ini lebih banyak menuntut informasi yang dapat diperoleh melalui media digital. Pandangan tersebut didukung oleh data-data yang dikumpulkan oleh Bank Mandiri. 

Melalui Ogi Prastomiyon selaku Direktur Operations Bank Mandiri, dijelaskan bahwa kemajuan komunikasi menyebabkan pergeseran layanan. Dari layanan contact center Bank Mandiri sendiri sebanyak 10 persen merupakan interaksi melalui digital. Interaksi digital tersebut baik melalui email maupun media sosial. Layanan tersebut terbagi menjadi sebanyak 51 persen merupakan pertanyaan informasi, permintaan bantuan sebanyak 28 persen dan keluhan sebanyak 21 persen. Jumlah tersebut naik kurang lebih sebesar 40 persen dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data tersebut MITA dikembangkan oleh tim teknologi informasi internal Bank Mandiri yang bekerja sama dengan startup yang dibina Mandiri Capital Indonesia (MCI). Aplikasi ini memanfaatkan teknologi artificial intelligence dan machine learning dengan metode natural language processing. Dana yang dikeluarkan untuk mengembangkan MITA sendiri kurang lebih sebesar 2 miliar rupiah.

Melalui MITA customer dapat menanyakan berbagai macam informasi. Sebagai contoh Informasi mengenai produk dan layanan Bank Mandiri, Informasi promo dan eventBank Mandiri, Lokasi cabang dan ATM Bank Mandiri dan Informasi-informasi lainnya yang kamu perlukan mengenai Bank Mandiri. Database dari MITA akan terus dikembangkan sehingga apabila tedapat pertanyaan-pertanyaan yang belum bisa dijawab oleh MITA, maka akan di-back up sistem sehingga MITA kedepannya akan semakin pandai.

Selain meluncurkan MITA, Bank Mandiri juga memperbaharui tampilan dari websitenya. Pembaharuan websiter tersebut bertujuan agar memudahkaan masyarakat untuk mencari informasi mengenai produk dan layanan Bank Mandiri. Pembaharuan website Bank Mandiri didasarkan oleh masukan nasabah, pihak internal Bank Mandiri dan saran dari stakeholder. Melalui pembaharuan website Bank Mandiri diharapkan komunikasi Bank Mandiri dengan seluruh stakeholder menjadi semakin baik.

Berikut tampilan terbaru dari Website Bank Mandiri:

www.bankmandiri.co.id
www.bankmandiri.co.id
Salah satu pembaruan yang menarik dalam website Bank Mandiri ini adalah dengan hadirnya menu emergency button. Menu emergency button berguna untuk memudahkan nasabah dalam memblokir kartu debit atau kartu kredit. Melalui menu ini nasabah hanya perlu mengisi formulir yang telah disediakan di website Bank Mandiri, tanpa perlu repot-repot menghubungi call center Bank Mandiri. Sangat membantu terutama apabila nasabah sedang tidak mempunyai pulsa yang banyak atau kehilangan kartunya di malam atau dini hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun