Mohon tunggu...
Nasywa Ibtisamah
Nasywa Ibtisamah Mohon Tunggu... Penulis - manusia berjuta asa

medium.com/@opininasywa

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Operasi Gigi Menggunakan BPJS? Mantap Betul

17 Desember 2018   18:28 Diperbarui: 17 Desember 2018   18:34 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Jangan pake BPJS! Pelayanannya beda sama reguler. Apalagi operasi, hati-hati dikasih dokter yang jam terbang dikit. Nanti ada apa-apa lho. - bisikan seseorang.

Apa benar?

Pertanyaan itu sempat singgah dalam pikiran saya. Sebelum akhirnya saya memilih untuk tabayyun terlebih dahulu.  Surfing dari satu website ke website lain untuk membaca pengalaman orang lain menggunakan BPJS. Kesan mereka, baik dan tidak ada masalah. Kebetulan, Ibu dan Ayah adalah PNS. 

Beberapa kali saya menggunakan fasilitas BPJS saat namanya masih 'Askes'. Nyatanya, tidak ada kendala pra dan pasca pengobatan. Penyakit yang saya keluhkan, alhamdulillah sembuh. Sehingga, alasan apa lagi yang harus saya cemaskan jika sebelumnya tidak ada masalah?

Jika boleh bertransisi ke masa lalu, saya ingat betul ketika ibu menyarankan untuk memeriksakan diri ke salah satu RSGM di Surabaya. Ya, gigi graham paling belakang saya bermasalah. Dia sedang hobi untuk mendorong teman sebelahnya sehingga terkadang terasa nyeri dan nyut-nyutan. Saya pun mengamini sarannya. 

Disana, Dokter meminta untuk mampir terlebih dahulu di unit radiologi agar dilakukan pemotretan menyeluruh pada gigi saya. Dan sesuai dugaan sebelumnya, untuk mengatasi permasalahan ini satu-satunya cara adalah dengan melakukan operasi pencabutan. Sembari menahan napas, saya memberanikan diri untuk bertanya.

"Berapa dok biayanya?"

"4 juta mbak."

Jedier. Dengan menyandang gelar sebagai mahasiswa tak bekerja sambilan mana mungkin saya ada duit segitu. Tentunya, perasaan tidak enak untuk meminta uang pada orang tua terus menghantui. Sekembalinya di rumah, saya membulatkan tekad untuk mandiri dan tidak kembali menghabiskan uang ayah ibu. Baiklah, pakai BPJS.

Hal pertama yang saya lakukan adalah pergi ke puskesmas! Biayanya berapa untuk berkonsultasi disana? Gratis dong. Dokternya ramah, dan menjelaskan mengapa gigi saya bisa begitu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun