nasti lamag
nasti lamag Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu Rumah Tangga

life is collection of moments

Akhir Tahun di Pulau Rote, Ujung Selatannya Indonesia

17 Januari 2016   22:38 Diperbarui: 18 Januari 2016   08:32 316

Pada libur akhir tahun 2015 ,anak lelaki saya mengusulkan liburan ke Pulau Rote,pasalnya teman  sekolah di jakarta ada yang sudah pernah pergi ke sana,dan menceritakan tentang keindahan pulau rote, sedangkan dia yang nenek buyutnya adalalah seorang Rote asli bermarga Nasa malah tidak pernah melihat rote.Akhirnya setelah berembuk dan di sesuasikan dengan jadwal cuti bapaknya,pergilah kami berempat.Sebelumnya saya coba gogling ke internet mencari cari tahu keadaan di sana,minim informasi dan dan waktu cuti bapaknya yang sedikit kami langsung nekad memutuskan perjalanan tanggal 30 desember 2015 pagi dengan membawa 2 sepeda motor,dengan pertimbangan mendengar cerita di sana tidak ada ada Pom bensin, Cuma ada bensin eceran di botol dan jalan di sana masih belum bagus,agak ngeri kalau nekat bawa mobil.

Perjalanan di mulai dengan membeli tiket sepeda motor seharga 108000 rupiah/motor sudah termasuk orang yang membawanya,tinggal membeli tiket untuk saya dan anak saya yang kecil ,kami memilih tiket VIP seharga 68 ribu rupiah.Untuk informasi sebenarnya banyak cara menuju rote dari kupang bisa menggunakan pesawat wings air dengan harga tiket mulai 250rb an jarak tempuh 30 menit,menggunakan kapal ferry cepat harga tiket sekitar 180 rb an jarak tempuh 2 jam,kami memilih ferry lambat karena membawa 2 motor ,alasan yang lain adalah kedua anak saya belum pernah naik kapal motor yang lumayan besar seperti KM Ilalabaleka.Lumayan ramai hari itu penumpangnya karena banyak yang mudik untuk tahun baru,berdesakan memang bagi pemegang tiket ekonomi,bahkan sampai ada yang duduk di geladak kapal,untuk tiket VIP lumayan nyaman karena ada tempat tidur dan AC. ASDP sebagi penyedia penyebranggan antar pulau di rote punya banyak PR untuk membuat penumpang lebih nyaman,mulai dari penumpang yang tidak membeli tiket di loket,sampai penumpang ekonomi yang nyerobot masuk ke VIP lalu membayar ke oknum petugas pemeriksa tiket supaya bisa mendapatkan pelayanan VIP dengan harga miring.

KM ILALABALEKA berangkat jam 6 30 pagi mampir dulu di pulau Semau,bongkart muat 15 menit lanjut ke Pulau Rote,anak lelaki saya sangat gembira terlihat dari raut wajahnya,sambil berdiri di cafetaria bisa melihat pemandangan pulau Timor dan pulau semau tiba di selat pukuafu pertemuan 3 pulau. mulai terasa ombak yang membuat kapal terayun,2 anak saya tidak tahan akhirnya memilih tidur di kamar,setelah 4 jam perjalanan tibalah kami di pelabuhan Pantai baru Rote,terlihat pulau Rote dengan ciri khas karang , kiri kanan pelabuhan ada yang menanam rumput laut di sepanjang pantai.

batu termanu

Sampai di pulau Rote kami melihat gerbang selamat datang yang bertuliskan “Selamat datang di bumi Ti’i langga”,tujuan perjalanan kami yang pertama adalah Baa yang merupakan ibukota kabupaten Rote,dengan jarak tempuh sekitar satu setengah jam,sepanjang perjalanan banyak terdapat pohon lontar dan kosambi ,untuk menemukan kota Baa ternyata petunjuk jalannya banyak jadi tidak mungkin kesasar.Sampailah kami di kota Baa,ibukota kabupaten Rote Ndao.Pemberhentian pertama di lapangan umum,mencari makan siang di kaki lima yang pemiliknya bernama Mas joko yang berasal dari  jawa,menikmati gado gado dan soto ayam surabaya,Mas joko menyarankan kalau mencari penginapan lebih baik memilih Hotel Ricky yang berada di pusat kota,memang masih ada beberapa penginapan di Baa seperti Hotel grace, penginapan freas dan Tiberias.Hotel di Baa merupakan homestay sederhana kelas melati.Chek in di Hotel Ricky,dengan Tarif 300ribu/malam,kami bergegas menaruh ransel dan melanjutkan perjalanan ke Termanu yang terkenal dengan bukit batunya,perjalanan dari Baa sekitar 15 menit mayoritas pemandangan adalah pantai putih yang bersih,menikmati siang di sana sekitar jam  4 sore kembali ke Baa, keliling Baa cukup menghabiskan beberapa belas menit saja ,menikmati sore di mercusuar di pinggir pelabuhan ferry cepat,lalu nongkrong di Depot Kevin yang sepertinya menjadi tempat favorite masyarakat Baa,dari steak,bakso,mie ayam,mie, nasi goreng dan aneka jus tersedia di tempat ini harga juga lumayan murah,tempatnya pun nyaman. Kembali ke penginapan,setelah bersih bersih diri,malam menjelang terdengar ramai nyanyian kidung di gereja sebelah pengginapan yang sibuk mempersiapkan misa tahun baru,menikmati malam di Baa di lapangan umum banyak penjual ikan bakar,rasa dan harganya juga lumayan murah.Ada odong odong hiburan untuk anak anak. Janji bertemu dengan sepupu saya sudah 6 tahun tidak bertemu yang kebetulan berdinas sebagai polwan di samsat rote,dari dialah kami bertanya tentang nembrala,salah satu tempat yang ingin kami singgahi .Dia menyarankan kami untuk menginap di Anugrah surf and Resort dan berjanji akan mengantar kami ke nembrala besok.Informasi buat yang mau berkunjung ke Nembrala,hampir semua resort di sepanjang pantai ,pemiliknya adalah orang asing,Cuma Anugrah dan satu resort yang saya lupa namanya yang pemiliknya orang Rote Asli,dan musim ramainya pengunjung resort adalah musim angin timur yang di mulai bulan maret,karena pantai di nembrala terkenal dengan ombaknya untuk mereka yang mempunyai hobi surfing.untuk masa holiday season banyak resort yang closed karena rata rata pemiliknya balik ke luar negeri untuk merayakan Natal dan tahun baru.Harga yang di tawarkan resort di nembrala  bukan per kamar tapi per orang,karena menginap di nembrala sudah temasuk makan 3 kali sehari untuk para wisatawan asing harganya pakai kurs dollar dan bookingnya on line,tapi tenang aja buat wisatawan domestik harga tetap   Rupiah malah kalau yang bantuin booking kenal sama pemiliknya harga malah bisa nego loh.

Depot Kevin

Tanggal 31 desember Pukul 4. 54 pagi terdengar sayup sayup azan pagi,ternyata di dekat penginapan ada juga sebuah masjid, masyarakat muslim di sini rata rata berprofesi pedagang, penjual warteg,dan sudah lama hidup berdampingan dengan damai bersama masyarakat Rote yang umumnya memeluk agama kristen protestan.Kami sekeluarga menikmati jalan kaki di pagi hari,pergi ke pelabuhan menunggu matahari pagi terbit,melihat nelayan yang membuang jala di pinggir laut,sambil membayangkan dan bercerita bagaimana nenek buyut mereka hidup di Rote 50 tahun lalu.Kembali ke penginapan, ternyata sudah tersedia roti yang sangat Lezat mirip roti breadtalk,dan 4 cangkir teh hangat di teras kamar.jam 10 pagi kami chek out,dan janji bertemu dengan sepupu saya brigadir Desi di depan kantor Polres yang akan menunjukan jalan menuju Nembrala.

Suasana pagi hari di pelabuhan Baa

Sepanjang perjalanan terlihat pemandangan Lontar dan Pohon kosambi lagi,bukit karang ,pantai putih,rumah penduduk yang berpagar batu,1 jam 30 menit sampailah kami di kecamatan Rote Barat,menuju penginapan banyak terhampar pohon kelapa.suasana Bali terasa saat pertama tiba di Anugrah resort,setelah chek in putri saya memilih kamar yang pintunya langsung menghadap ke kolam renang, kami langsung di suguhi “welcome drink”dan makan siang dengan menu ikan Kuah asam ,setelah itu anak anak langsung berhambur ke pantai yang  memang indah pemandangannya.Pantai Nembrala sangat tersohor di Luar Negri,coba saja gogling sendiri dengan key word “Nembrala”. Terlihat dari bibir pantai ombaknya bergulung gulung tinggi di sukai oleh para surfer.Pada bulan desember ini bukan musim angin Timur jadi ombaknya bergulung agak jauh di tengah.Dan itu di manfaatkan oleh penduduk lokal untuk menanam rumput laut di bibir pantai. Kami sekeluarga menghabiskan waktu sore dengan berjalan sepanjang pantai, terlihat di depan beberapa pulau salah satunya pulau ndana yang terkenal dengan pulau yang banyak sekali rusanya,yang hanya di huni oleh personil angkatan laut yang menjaga pulau terluar tersebut.

Menu makan malam hari ini sup asparagus, ayam lada hitam,dan pie rambutan,setelah menikmatinya kami berempat mengobrol di pinggir kolam di temani kopi dan menunggu pergantian tahun,jam 12 tepat terlihat meriahnya kembang api  di langit baik di Nembrala maupun di pulau ndana,pulau Ndao dan pulau pulau kecil lainnya yang terlihat indah dari bibir pantai.Sungguh menikmati tahun baru yang berkesan buat kami sekeluarga.