Mohon tunggu...
nasti lamag
nasti lamag Mohon Tunggu... Ibu Rumah Tangga

Nikmatilah Hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Sejarah Kota Dili (Timor-Portugis) Lewat Selembar Perangko

30 Maret 2016   08:13 Diperbarui: 1 April 2016   04:11 1181 6 3 Mohon Tunggu...

[caption caption="Rayakan Perbedaan Baduy Kembali/KOMPAS.com"][/caption]Selembar perangko koleksi saya ini ternyata banyak menyimpan cerita tentang kota Dili. Perangko kedua pada artikel ini diterbitkan pada peringatan 200 tahun kota Dili (1769-1969). Di bawah pemerintahan pemerintah Portugis, Timor Leste bernama Timor Portugis. Bangsa Portugis menginjakkan kaki pertama kalinya pada awal abad 15 di daerah Lifau, Eccusi yang menjadi ibu kota pertama Timor Portugis.

Pada tahun 1769, Dili diresmikan sebagai Ibu Kota Timor Portugis. Terlihat di gambar sebuah pulau kecil dengan tulisan 'Planta Hidrografica' yang coba saya cari terjemahannya di internet. kurang lebih Hidrografica mengacu pada bagian dari geografi yang bertanggung jawab untuk melestarikan perairan, sedangkan Planta mengacu pada tempat. Tanda nominal 1$ yang terlihat di kanan tengah adalah 1 Escudo, mata uang Portugal yang digunakan di Timor portugis pada jaman itu. Tulisan merah pada tengah perangko “Correios” sepertinya punya arti pihak resmi perusahaan pos. Lambang di kiri atas agak susah dicari di internet. Coba menebak mungkin ini lambang Kota Dili saat di bawah pemerintahan Portugis. (Lihat gambar di bawah ini).

[caption caption="Kiri atas: mungkin lambang Kota Dili di bawah pemerintahan Portugis. Dokpri."]

[/caption]Dari gambar landscape paling atas terlihat jelas Gereja Motael, bangunan paling ujung kanan. Kota Dili  mempunyai garis pantai yang panjang, bangunan sepanjang pantai bergaya Eropa. Kota Dili tahun ini akan berumur 247 tahun. Keindahan Kota Dili terdengar jelas sampai sekarang lewat lagu ‘Januari di kota Dili'.

[caption caption="SIR ROSS SMITH,pahlawan Australia. Dokpri."]

[/caption]

Di Perangko lainnya (gambar paling atas, perangko tengah) terlihat sejarah pengaruh agama Katolik yang  pertama kali dibawa oleh Bangsa Portugal, kuat mengakar di Pulau Timor hingga sekarang. Yang satu lagi adalah foto penampakan pasukan infantri Timor Portugis tahun 1879, perangko keluaran pemerintah Timor Portugis untuk peringatan 50 tahun(1919-1969) penerbangan dari Inggris ke Australia oleh kapten Ross Smith, seorang pilot pahlawan Australia pada perang dunia pertama. Terakhir dari koleksi perangko saya seputar Timor Portugis tergambar lambang negara dan seorang lady ala Yunani.

Akhir cerita dari selembar perangko saja ternyata bisa menceritakan banyak tentang  kehebatan Bangsa Portugis dalam  ekspedisi mencari dunia baru dan memang tercatat dalam sejarah seorang pengelana lautan terhebat dari Portugal Vasco da Gamma yang menemukan dunia baru dan menghasilkan era dominasi Eropa selama ratusan tahun melalui kekuatan laut perdangangan dan kolonialisme.

[caption caption="Beraneka warna. Dokpri."]

[/caption]

  Salam Filateli!                              

Ilustrasi: Dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x