Nasrulloh Mu Bakso Lahar
Nasrulloh Mu Bakso Lahar wirausaha

Kontak 0859-4621-2489, Owner Bakso Lahar, Coach Retail, Penulis Bisnis dan Sejarah Islam

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dakwah yang Ditinggalkan

22 Desember 2017   14:24 Diperbarui: 22 Desember 2017   14:33 277 1 0

Siapa yang paling paham dakwah ? Tentu para Sahabat Rasulullah saw. Apa kiprah mereka ?  Tentu semua bagian dari dakwah.

Apakah peran Rasulullah saw hanya mengajarkan ilmu saja ? Beliau jadi pengusaha, panglima, hakim, kepala  negara, mengirimkan utusan delegasi dan banyak lagi profesinya. Apakah itu bukan dakwah ?

Keluasaan gerak dan kiprah  dakwah sebanding lurus dengan keluasan dan kesempurnaan Islam. Bila semua bidang kehidupan diatur oleh Islam. Maka dikesemua bidang itu pula bidang dakwah.

Bacalah semua biografi para Khalifahtur Rasyidin. Apa kiprah terbesar mereka ?  Lihatlah Umar, meluaskan wilayah dan daya jangkau dakwah dengan membebaskan negri-negri dari kezaliman Persia dan Romawi.

Lihatlah reformasi administrasi negara. Tentang perekrutan, training, pengawasan, penggajian dan pemecatan pejabat dan pegawai negara. Lihatlah bagaimana  Umar  bin Khatab membangun infrastruktur kota. Dari jalan, sungai, penginapan, penerangan jalan dan kantor pos.

Lihatlah Umar bin Khatab melakukan beragam reformasi ekonomi agar pendapatan negara terus tumbuh untuk membiayai kesejahteraan masyarakat. Apakah ini bukan dakwah?

Bagaimana Umar bin Khatab  membuat kebijakan untuk menangkal krisis ekonomi ?  Ini bukan dakwah ?

Mari mengkonversikan karya-karya dunia kita menjadi karya-karya dakwah. Untuk membangun dan membangkitkan Islam dan Umatnya. Itulah dakwah.