Mohon tunggu...
NASA Bercerita
NASA Bercerita Mohon Tunggu... Bembelajar

Tulisan reminder untuk diri pribadi. Mendokumentasikan sedikit ilmu yang dipunya agar tetap hidup walau jasad ini tak lagi ada dibumi. Kalau bermanfaat silahkan diambil.....

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Standar Cantik Wanita yang Harus Kita Miliki

2 Juni 2020   06:05 Diperbarui: 2 Juni 2020   06:19 5 0 0 Mohon Tunggu...

Wanita dan kecantikan adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan  satu sama lain dan setiap orang punya standar cantiknya masih-masing, kita sebagai wanita tidak akan pernah bisa memenuhi standar cantik semua manusia, karena bukan penilaian manusia tujuan agar kita terlihat cantik tapi bagaimana kita bisa terlihat cantik oleh yang menciptakan kita sebagai manusia. Ada beberapa kisah wanita cantik dalam menurut Allah yang diabadikan dalam sebuah hadits rosulullah :

"Sebaik-baik wanita penghuni Surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Asiyah binti Muzahim istri Fir'aun, dan Maryam binti 'Imran." (HR. Ahmad, no. 2668).

Khadijah binti Khuwailid, siapa sih umat islam yang nggk tahu beliau ini. Wanita yang sukses secara finansial, yang sangat taat kepada suaminya dan mendukung penuh perjuangan suaminya dijalan Allah. Mendukung dengan jiwa raga dan semua harta yang dimilikinya, masyaAllah pantaslah satu-satunya wanita yang mendapat salam langsung dari Allah itu beliau dan bebas memilih lewat pintu mana saja masuk ke surga.

Fathimah binti Muhammad, wanita yang sangat cerdas, sabar, berbakti kepada orang tua. Dalam ilmu parenting beliau merupakan hasil dari didikan orang tua yang juga hebat dan unggul yaitu Rosulullah dan bunda Khadijah. Tapi bukan berarti nabi Nuh nggk hebat karena nggk bisa membuat anaknya ikut ajaran bapaknya. 

Fatimah juga terkenal dengan kisah cintanya dengan Ali bin Abi thalib yang romantis, kisah dua sejoli yang mampu menjaga cinta dalam diamnya sampe setanpun nggk tahu dan akhirnya mereka Allah takdirkan untuk menikah (baper banget kalau baca kisahnya mereka :D)

Asiyah binti Muzahir, beliau contoh wanita yang berakhlaq mulia dan sangat teguh pendiriannya, teguh dalam menjaga prinsip kebenaran. Bagaimana tidak, beliau seorang istri raja yang sangat kaya raya dan paling berkuasa dijamannya sampe-sampe ngaku dirinya sebagai Tuhan dan kisahnya yang paling banyak disebutkan di Qur'an. 

Tapi ketika Asiyah diberi pilihan oleh sang Suami memilih tetap bersamanya dan tidak akan mendapat hukuman atau tetap memegang agama baru dan mendapat hukuman pedih, Asiyah pun tetap memilih ajaran yang di bawa oleh putra angkatnya yaitu Nabi Musa as dari pada menyembah suaminya dan akhirnya beliau melinggal atas hukaman kejam dari suaminya sendiri karena mempertahankan keyakinannya kepada Allah.

Maryam binti Imran, wanita yang paling menjaga kesucian dan kemuliaan dirinya dan menjadi wanita yang Allah pilih langsung untuk mengandung dan melahirkan seorang nabi. Yang mempu bersabar dan selalu bertaqwa kepada Allah walaupun lingkungan sekitar selalu mengkucilkannya.

Wanita-wanita diatas adalah wanita cantik dalam islam yang harus kita teladani, bahwa bukan kecantikan fisik saja yang dinilai karena kita tidak bisa merequest bentuk fisik yang kita mau tapi lebih dari itu yaitu bagaiamana bisa menggukan kecantikan kita terpancar dalam bentuk ketaantan untuk tunduk pada aturan dan kecintaanNya. 

Yang mampu menjaga kehormatan diri sebagai wanita dari semua yang menjadikannya kita hina, yang teguh menjaga kayakinannya dari segala sesuatu yang salah, yang sabar dan ikhlas atas semua ketetapanNya, yang berhasil melahirkan dan mendidik anak-anak kita menjadi generasi yang mulia, yang mempu memberikan seluruh harta, tenaga dan fikirannya di jalanNya dan yang rela mati untuk membela agamaNya.

Itulah standar cantik yang harus benar-benar kita miliki, bukan berarti kita tidak memperhatikan kecantikan fisik. Boleh saja, merawat keindahan diri agar orang lain nyaman bergaul dengan kita dan Allah menyukai keindahan, tapi bukan itu saja yang difokuskan. Yukk kita sama-sama bukan hanya mempercantik fisik saja tapi juga mempercantik akhlaq kita :)

VIDEO PILIHAN