Mohon tunggu...
Nasrul
Nasrul Mohon Tunggu... Guru - nasrul2025@gmail.com

Pengajar sains namun senang menulis tentang dunia pendidikan, bola dan politik, hobi jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Tahun Baru, Tempat Baru, Mudah-mudahan Awal yang Baru

3 Februari 2018   23:23 Diperbarui: 3 Februari 2018   23:37 650
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tanggal 29 Januari 2017 Aku resmi pindah tempat ke daerah Kabupaten Kutacane, Aceh, tepatnya di daerah Kute Lawe Luneng Aman salah satu desa yang ada di kecamatan Lawe Sigala-gala. Niat hati mau kesini sebenarnya sudah lama, mungkin ini yang namanya kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT, sehingga Aku ada kesempatan untuk pergi ke daerah ini.

Banyak tantangan yang Aku hadapi, dari meyakinkan ibu ku yang tercinta sampai meyakinkan kakak. Mereka semua khawatir terhadap kondisiku. Menurut aku itu wajar mengingat mereka semua memang sangat peduli dengan adik mereka yang sedikit keras kepala ini. Mereka khawatir karena aku pergi jauh, dan tempat itu tidak ada keluarga. Contohnya tidak seperti pergi ke Banda Aceh yang ada kakak Aku yang mengawasi aku di sana, sedangkan di Kuta Cane tidak ada keluarga. Begitu kata mereka.

Dengan pikiran yang tenang aku jelaskan pada mereka bahwa aku pergi ke Kuta Cane untuk mengabdi.. karena aku merasa terlalu egois dalam hidupku jika hanya memikirkan diri sendiri. Dan tidak berbagi. Oleh karena itu, aku merasa hidup wajib berbagi sehingga keputusan aku pergi ke Kuta Cane adalah keputusan sulit namun aku merasa bahagia. Tapi satu pesan lagi dari ibuku, jangan cari jodoh yang jauh-jauh. hehehe

Tahun 2017 merupakan tahun baru yang menurut aku sangat tepat bagiku untuk berubah mengingat di  tahun 2016 aku hanya menghabiskan tahun dengan bermain-main saja alias tidak ada kegiatan yang pasti, Bahasa kerennya no schedule. Oleh sebab itu, aku merasa kesempatan di tahun yang baru ini akan aku perlakukan dengan sebaiknya. Apalagi aku berada di lingkungan baru, suasana baru dan awal yang baru juga untuk memulai pertualang dalam hidupku lagi.

Banyak teman-teman dan kerabat tanya kenapa harus yang jauh-jauh. Aku bilang bukan yang jauh yang aku mau tapi aku mau menjadi manfaat bagi orang yang membutuhkan. Karena jika hidup hanya untuk mencari makan saja, aku kira kejam sekali dunia ini. Sebab rasanya  sedikit-sedikit uang bukan prinsip aku yang sepenuhnya.

Prinsip hidup aku tidak bisa di tukar dengan uang begitu lah Bahasa kerennya. Satu yang selalu aku kenang adalah hidup aku ini sudah banyak dibantu oleh orang-orang yang aku sendiri tidak tau harus bagaimana untuk mengucapkan rasa terimah kasih itu, mulai dari aku tidak bisa apa-apa sampai aku menjadi seseorang yang kata orang aku pintar.

Hari kedua aku di Kuta Cane aku sudah mulai mengenal orang baru yang berarti bagiku

Aku akan sedikit perkenalkan  tempat baruku, secara admministrasi tempat aku tinggal di Desa Lawe Loning Aman Kecamatan Lawe sigala-gala kabupaten Aceh Tenggara, Aceh. Indonesia. Daerah tempat aku tinggal secara Geologi berada di seputaran gunung Api, mengingat ada beberapa panasbumi yang muncul di seputaran kompleks pesantren tempat aku tinggal. Daerah tempat aku tinggal di belakangnya  berbukit yang berarti diduga ada patahan.

Selain itu Keadaan tempat aku tinggal sangat nyaman karena di samping kompleks pesantren aku ini selalu ada air mengalir yang berasal dari Gunung. Aku yang baru disini pertama merasa kaget sekaligus senang mengingat tempat aku di kampong yaitu di Aceh Barat tidak ada air yang mengalir setiap saat.

Secara jiwa aku merasa sangat tenang daripada sebelumnya. Karena sebelum aku pergi ke kesini aku merasa asing saja. Dan aku merasa ada yang kurang saja walaupun aku bahagia. Aku tidak tau kenapa bahwa aku merasa bahagia dan tenang di tempat baru aku ini, akan tetapi yang pasti aku merasa kehidupan yang aku dambakan selama ini sudah aku temukan.

Aku berharap di tempat baru ini aku akan bekerja dengan maksimal dan sangat di siplin karena bagiku seorang yang disiplin akan mencapai yang apa yang dia impikan. Dan yang aku impikan adalah menjadikan anak murid aku nanti bisa atau paham yang aku sampaikan. Karena menurut aku dengan aku mengajari mereka yang bermanfaat semoga menjadikan amal akhirat nanti saat aku meninggal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun