Mohon tunggu...
I.T. Kriyonadhy
I.T. Kriyonadhy Mohon Tunggu... Dosen

Pengajar yang terus belajar apa saja

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Tanda Anda Belum Selesai dengan Masa Lalu

6 Desember 2019   17:45 Diperbarui: 26 Februari 2020   15:57 155 2 1 Mohon Tunggu...

Setiap orang punya masa lalu. Masa lalu punya banyak andil dalam membentuk mental, kepribadian dan pola pikir kita saat ini, tetapi masa lalu tetaplah masa lalu dengan segala kekhasannya. Bukan berarti masa lalu harus dilupakan, sebab seiring jalannya waktu, masa lalu akan terkubur oleh peristiwa-peristiwa baru yang memenuhi ruang memori Anda, hingga tidak terpikirkan lagi.

Masa lalu memiliki eranya sendiri, yang tidak selalu sejalan dengan masa kini dan karenanya tidak perlu dibawa-bawa. Membawa-bawa masa lalu menandakan Anda belum selesai dengan masa lalu, yaitu membawa-bawa hal-hal yang seharusnya menjadi masa lalu ke masa kini. Padahal apa yang ada di masa lalu belum tentu sesuai dengan masa kini, bahkan tidak jarang apa yang seharusnya menjadi masa lalu sering kali menimbulkan masalah ketika dibawa-bawa ke masa kini.

Banyak orang tidak sadar telah membawa-bawa masa lalu ke masa kini, sehingga menjadi orang yang belum selesai dengan masa lalunya. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa Anda belum selesai dengan masa lalu, tanpa Anda sadari. Cobalah cermati, jangan-jangan Anda termasuk di dalamnya.

1. Lebih Dekat dengan Teman Lama
Perjalanan waktu seharusnya membawa Anda berada di situasi baru dan bertemu orang-orang baru. Meski tidak bermaksud menjauhi atau meninggalkan teman lama, tetapi perubahan "dunia" dan kesibukan Anda seharusnya membuat Anda lebih dekat dengan orang-orang baru di tengah aktivitas anda saat ini. Kesibukan saat ini seharusnya membuat orang-orang di masa lalu semakin "hilang" dari pikiran Anda, dan menjadi teman lama yang hanya sesekali terkenang atau menjadi surprise saat bertemu kembali.

Bila Anda belum selesai dengan masa lalu, maka Anda akan cenderung lebih dekat dengan orang-orang yang seharusnya berstatus teman lama, masa lalu Anda. Mereka memenuhi pikiran dan kehidupan Anda saat ini meski "dunia" Anda sebenarnya sudah sama sekali berbeda. 

Lebih parah lagi bila kesibukan anda saat ini tidak membuat Anda menemukan teman dekat sebagaimana kedekatan Anda dengan teman-teman lama. Berbagai momen kedekatan dan kebersamaan membuat Anda gagal menemukan kehangatan pertemanan di dunia Anda saat ini.

2. Berharap Tetap Dekat dengan Orang Spesial di Masa Lalu
Kehadiran pasangan saat ini seharusnya membuat Anda "lupa ingatan" pada orang-orang spesial di masa lalu. Tentu saja Anda tak mungkin lupa sama sekali, tetapi kisah baru yang Anda jalani seharusnya membuat semua tinggal kenangan yang hanya teringat sesekali dan Anda tak tertarik membawanya di masa kini.

Lain halnya bila Anda belum selesai dengan masa lalu, maka Anda tidak akan begitu saja merelakan semuanya berlalu dan kehilangan getar-getar rasa dari orang-orang spesial di masa lalu. Anda ingin tetap menikmatinya di masa kini hingga diam-diam menjalin komunikasi dan berharap mempertahankan kedekatan itu. 

Lebih parah lagi bila dengan berbagai dalih Anda tidak segan berdebat dengan pasangan demi "melegalkan" komunikasi dengan si dia dari masa lalu. Tentu hal ini akan menyakitkan pasangan Anda saat ini, karena kehadirannya tak cukup untuk membuat Anda move on dari masa lalu.

3. Bermasalah karena Masa Lalu
Ini adalah bukti paling jelas bila Anda termasuk orang yang belum selesai dengan masa lalu. Anda pasti sadar, bahwa kehadiran orang-orang spesial di masa lalu potensial mengganggu hubungan Anda dengan pasangan saat ini. Masa lalu yang sudah selesai tidak seharusnya menjadi masalah antara anda dengan pasangan saat ini, sebab masalah-masalah yang Anda hadapi saat ini seharusnya sudah cukup menyita energi.

Lain halnya bila Anda belum selesai dengan masa lalu, maka Anda malah mudah terbawa untuk "bermain-main" dengan masa lalu. Itu tandanya hati Anda masih terikat oleh pesona masa lalu, sehingga Anda mudah terbuai godaan atau malah selalu bermasalah dengan pasangan karena kehadiran orang-orang di masa lalu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x