Nasrullah Azzubeiry
Nasrullah Azzubeiry wiraswasta

Seorang penuntu ilmu, senang belajar dan berbagi

Selanjutnya

Tutup

Muda

Apakah Anda Termasuk Sebaik-baik Manusia?

21 Januari 2012   03:31 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:37 856 3 0

Setiap orang mendambakan menjadi yang terbaik. Sebagai seorang muslim, orientasi hidup untuk menjadi yang terbaik bukanlah dinilai dari ukuran manusia semata, tetapi karena ridha Allah Ta’ala.  Berikut beberapa hadis Nabi yang menjelaskan sebaik-baik manusia.

Pertama, tidak ingkar melunasi hutang

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang.”[Muttafaqun ‘alaih]

Kedua, belajar Al-Quran dan mengajarkannya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.”[Hadits riwayat Bukhari].

Ketiga, menjadi suami yang paling baik terhadap keluarganya

Rasulullah shallallau ‘alaihi wasallam berasabda:“Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” [Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Ash Shahihah (no. 285)].

Keempat, yang paling baik akhlaqnya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Sebaik-baik kalian islamnya adalah yang paling baik akhlaqnya.” [Hadits riwayat Ahmad dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ (no. 3312)]

Kelima, yang memberikan makanan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makanan.” [Hadits riwayat Ahmad dan dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ (no. 3318)]

Keenam, yang panjang umur dan baik perbuatannya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia?” beliau menjawab: “Siapa yang paling panjang umurnya dan baik amalannya.” [Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihut Targhib wat Tarhib (no. 3363)].

Ketujuh, yang paling bermanfaat bagi manusia

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” [Hadits dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ (no. 3289)].

Semoga kita termasuk, setidaknya satu diantara tujuh poin di atas. Insya Allah...........