Mohon tunggu...
Narendra Adi Wicaksana
Narendra Adi Wicaksana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

8 Rekomendasi Mobil yang Akan Dibeli Sebagai Mobil Pertama

1 Desember 2022   06:00 Diperbarui: 1 Desember 2022   06:07 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Mobil merupakan alat transportasi yang umum digunakan oleh berbagai kalangan. Menurut banyak orang mobil hanyalah alat yang dapat digunakan untuk berjalan dari titik A ke titik B saja. Namun bagi beberapa orang mobil adalah sesuatu yang memiliki makna tertentu dalam hidup mereka.

Bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan pada otomotif khususnya mobil, mereka akan bimbang dalam menentukan pilihannya untuk membeli mobil pertama mereka. Banyak hal yang harus di pelajari oleh seseorang saat mereka pertama kali membeli mobil. Apalagi jika mobil yang mereka pilih merupakan mobil bekas yang bisa kapan saja masuk ke bengkel. Beberapa mobil bekas mungkin akan tidak cocok bagi mereka yang akan memilih mobil pertama. Namun ada beberapa pilihan mobil bekas yang cocok untuk pemula yang ingin membeli mobil bekas sebagai mobil pertama mereka. Beberapa mobil berikut ini dikenal akan perawatan yang mudah sekaligus dapat menjadi sarana untuk pemula yang ingin membeli mobil pertama mereka untuk belajar bagaimana mereka harus merawat mobilnya.

Berikut adalah 10 daftar mobil yang dikenal dengan kemudahan perawatannya serta terjangkau bagi seseorang yang akan memilih mobil pertama mereka.

1. Mobil Ex-Taxi (Vios)

Mobil ex-taxi menjadi pilihan oleh banyak orang untuk mobil pertama mereka. Hal ini karena mobil ex-taxi memiliki harga yang cenderung murah serta sparepart yang melimpah. Meskipun begitu, menurut saya mobil ex-taxi ini memiliki kekurangan dengan mempertimbangkan kilometer (km) yang relatif tinggi.

2. Toyota Yaris 

Mobil dari merek Toyota ini banyak dipilih oleh orang orang karena sparepart yang melimpah, mudah dicari, dan harga bekasnya yang relatif murah serta mesin 1NZ-FE yang memiliki kapasitas sebesar 1.5L yang sudah teruji dalam aspek keawetannya karena banyak digunakan di mobil taksi. 

3. Toyota Vios

Mobil ini merupakan mobil yang berbagi platform yang sama dengan Toyota Yaris dan Toyota Limo (mobil taksi). Tentu saja, sparepart nya yang murah dan ketahanan mesin yang teruji di saudara kembarnya yaitu Toyota Limo (mobil taksi) membuat mobil ini dikenal sama tangguhnya dengan mobil taxi. Namun kemiripan identik tampilan luar Toyota Vios dan Limo ini terkadang menurunkan kepercayaan diri pemilik Toyota Vios. Toyota Vios sendiri pada dasarnya menawarkan kemewahan yang jauh berbeda dengan Toyota Limo. Meskipun keduanya identik, kedua mobil ini memiliki fitur yang jauh berbeda didalamnya. 

4. Honda Jazz

Mobil asal pabrikan Honda ini telah lama memproduksi mobil berbasis city car di Indonesia. Sparepart yang disediakan dari mobil Jazz ini sangat melimpah dan tak terlalu mahal. Selain itu, sudah banyak bengkel yang bisa menangani masalah pada mobil Honda Jazz ini, serta mobil ini memiliki konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang rendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun