Narendra DharmaWistara
Narendra DharmaWistara Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Narendra Dharma Wistara Marpaung

Narendra Dharma Wistara Marpaung rendramarpaung.blogspot.com

Liburan Akhir Semester

10 Januari 2019   10:22 Diperbarui: 10 Januari 2019   10:55 116

Pada akhir tahun 2018 kami diberi libur panjang dari sekolah karena tahun baru dan natal. Libur kami berkisaran 2 -- 3  minggu. Pada minggu pertama aku tetap dirumah karena keluarga ku belum ada agenda diminggu pertama, karena pada minggu kedua kami akan berangkat umrah ke tanah haram Makkah dan madinah. Pada minggu kedua hari rabu sekitar tanggal 26 kami berangkat ke madinah menggunakan travel kami bersama 200 orang lainnya. Kami berangkat menggunakan pesawat terbang jam 5 sore. Selama 10 jam kami berada di pesawat dan disajiikan makan berat 2 kali.

Dikarenakan perbedaan waktu Indonesia dan Saudi Arabia berbeda waktu 4 jam dan perjalanan 10 jamkami tiba disana sekitar tanggal 27 jam 3 pagi lalu kami menaiki bus ke hotel kami yaitu grand mercure hotel madinah yang dekat dengan masjid nabawi madinah. Lalu kami beristirahat sampai subuh lalu kami mengambil wudhu dan turun ke bawah untuk solat di masjid nabawi setelah itu kami makan pagi. Begitu selanjutnya sampai malam kami hanya bermain lalu tidur bangun saat waktu solat dan makan setelah zuhur dan isya. Malamnya saat bada isya sekitar jam 8-9 kami berziarah ke makam nabi Muhammad saw didalam masjid nabawi.

Kami berdoa di rawdah yaitu di depan makam nabi Muhammad saw tetapi karena malam itu sedang ramai kami tidak jadi berdoa disana akhirnya kami hanya bisa berdoa dari luar makam. Dikemudian hari kami melakukan hal yang sama seperti kemarin saat sampai, hanya makan, mandi, dan solat. Lalu pada tanggal 29 kami melakukan city tour kota madinah, pertama kami pergi ke jabal uhud tempat terjadi perang uhud Antara kaum muslim madinah melawan pasukan pelawan muslim dari Makkah.

Lalu, kamin pergi melewati (tidak solat ataupun berkunjung kesana) masjid qiblatain, tempat terjadinya sejarah besar tempat berpindahnya qiblat dari masjid aqsa palestina berpindah ke kabah Makkah, lalu kami melewati masjid sab'ah (masjid tujuh).

Akhirnya kami pergi ke masjid quba untuk solat sunah tahiyatul masjid 2 rokaat, dhuha 2 rokaat dan solat hajad 2 rokaat, kami solat disana karena ada hadist rasulullah yang berkata "Siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian pergi ke Masjid Quba, lalu ia shalat dua rakaat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umroh." (Hr. Tizmidzi). Lalu kami pulang ke hotel dan bersiap siap karena esok harinya kami akan perjalanan menuju Makkah untuk umrah yang pertama. Pada esok harinya yaitu pada tanggal 30 kami berganti baju dengan baju ihram lalu melakukan perjalanan lagi menggunakan kendaraan darat berupa bus.

Pertama tama kami menuju masjid bir ali untuk niat umrah sebagaimana niat kami menuju kedua tanah haram ini. Kami berniat di masjid bir ali lalu solat sunnah umrah disana. Setelah solat dan berniat kami melanjutkan perjalanan menuju ke Makkah disana kami bertalbiyah sampai melihat masjidil haram. Saat di Makkah kami langsung kehotel dan beristirahat setengah jam untuk mandi dan melaksanakan umrah pertama tawah 7 putaran dan saih 7 putaran.

Lalu esoknya kami berisitrahat dan melakukan kebiasaan biasa kami solat makan dst. Lalu tanggal 2 kami melakukan city tour sekaligus bermiqat untuk orang yang ingin melakukan umrah kedua. Esoknya kami beristirahat lagi dan tanggal 4 kami pulang ke tanah tercinta Indonesia