Nardi Hidayat
Nardi Hidayat profesional

Nardi Hidayat , President Director PT Jendela Nusantara, bergerak dibidang pelatihan luar ruangan (Outdoor Training) Spesialis di bidang Corporate Improvement dan Team Building Telah melatih lebih dari 500 Perusahaan dan Organisasi Konseptor of HITS Development Program Konseptor of Creatificient

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

"Speed is Everything"

5 Januari 2018   18:04 Diperbarui: 5 Januari 2018   19:18 745 0 0
"Speed is Everything"
l80385-flash-superhero-logo-1544-5a4f6bb8f1334433996e2a52.png

Kalau yang dibenak anda adalah the Flash (Barry Allen) maka kalian benar. Entah kalian mengetahui the flash dari serial CW di TV Series atau dari Justice League yang baru saja tayang di bioskop intinya adalah sama, Bahwasanya The Flash adalah pahlawan ciptaan DC Comic yang bersenjatakan kecepatan (Speed is Power).

Mengapa saya buka tulisan ini dengan the flash karena saya ingin memberikan gambaran kepada seluruh pembaca bahwa kecepatan itu adalah senjata, dan kecepatan itu sendiri bagi The Flash dapat di modifikasi menjadi banyak model tipe serangan. Dari mulai tembakan petir, sampai dengan kemampuan menggerakkan partikel untuk menembus dinding.

Hal ini juga berlaku didalam dunia bisnis, kecepatan dalam dunia bisnis bisa menjadi banyak tipe senjata bagi penggunanya. Mari kita mulai pembahasan mengenai kecepatan ini :

Dunia adalah rentetan revolusi yang tidak pernah berhenti. Tercatat dalam dunia industri  terdapat 3 Revolusi yang masing-masing menghasilkan korban yang tidak sedikit.  

Revolusi Industri 4.0 (Banyak orang menyebutkan begitu) memaksa seseorang untuk berkembang dan menjadi lebih dari sebelumnya. Banyak perusahaan besar yang gulung tikar akibat perubahan ini. 

Kita sebut saja Nokia , orang terkadang tidak percaya bagaimana bisa perusahaan sebesar Nokia dengan taglinenya "Connecting People" yang dahulu adalah pemimpin pasar bisa terlibas oleh android yang waktu itu adalah pemula.

Kegagalan terbesar dari nokia bukan pada kegagalan berinovasi namun lebih kepada kegagalan dalam hal kecepatan meresponi dan mengantisipasi kebutuhan pasar.

------------------------------------------------

THE PROBLEM IS

Banyak perusahaan berlomba-lomba menjadi besar, menjadi kuat dan menjadi pemimpin pasar. Saat ini konsep demikian sudah menjadi konsep yang tidak relevan lagi dengan zaman, apabila membesar lalu menjadi alasan untuk rumitnya birokrasi yang berujung pada lambatnya pelayanan maka anda akan terjebak didalam zona lambat yang dapat menjadi penyebab kehancuran anda.

Dugaan Saya Alasan mengapa MI (brand xiaomi dll) tetap memilih untuk ramping dengan iklan yang minimalis adalah untuk menjaganya tetap cepat dan tetap flexible sehingga mampu menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Walhasil saat ini Mi dengan xiaominya adalah kuda hitam dunia telekomunikasi dan elektronik yang sedang sangat diperhitungkan.

Menjadi cepat dan sangat cepat adalah suatu kebutuhan yang wajib di kejar oleh setiap perusahaan di era ini.

-------------------------------------------------

PACMAN DAN SNAKE

Saya jadi teringat dengan game PACMAN yang menurut saya mampu menggambarkan situasi dunia saat ini. Karakter pacman saat kecil dia berusaha lincah dan memakan poin-poin yang ada sembari menghindari musuh-musuh yang lebih kuat, sembari menunggu moment untuk akhirnya menjadi lebih besar, kuat dan mampu menyerang balik musuh-musuhnya.

Hal ini berbanding terbalik dengan game snake yang memiliki tema hampir sama dengan pacman, pada game snake semakin banyak makan dia akan semakin besar dan kesulitan untuk bergerak sampai akhirnya mati karena menggigit ekor sendiri.

Pelajaran apa yang bisa kita petik dari dua permainan tahun 80-90an diatas

Mari kita menjadi seperti pacman yang selalu efisien dan efektif dalam rupa dan bentuk sehingga mampu selalu cepat dan bahkan mampu memakan lawan-lawan kita. Hati-hati dengan kemajuan kita, karena takutnya kita akan menjadi ular dalam game snack yang lupa untuk menjadi efisien terus memanjang sehingga suatu saat harus memakan ekor sendiri dan mati.

                                                                                                     

 SOLUSI MEMBESAR DAN TETAP CEPAT

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2