Mohon tunggu...
Narda M Sinambela
Narda M Sinambela Mohon Tunggu... Mass and Digital Communications UAJY

Hanya seorang Introvert yang bercita Jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Rujak Es Krim Pak Nardi, Pemberi Kesegaran Sejak 1978

12 November 2019   12:21 Diperbarui: 17 November 2019   21:16 156 3 1 Mohon Tunggu...
Rujak Es Krim Pak Nardi, Pemberi Kesegaran Sejak 1978
Tempat Rujak Es Krim Pak Nardi sebagai Pionir Pertama sejak 1978 (dok. Narda Sinambela)

YOGYAKARTA - Memasuki musim hujan nyatanya tak membuat Kota Jogja lepas dari sengatan sinar matahari yang begitu terik saat siang hari. Cuaca yang sangat cocok untuk menikmati kudapan segar dan menghadapi panasnya kota yang dijuluki sebagai Kota Istimewa ini. 

Sometimes all you need is love...

Oh wait! And ice cream, and chocolate to go along with it as nowadays love is anything but sweet.

- Megha Khare

Tak perlu khawatir, Sabtu (9/11) saya pergi ke salah satu tempat yang cukup legendaris sejak 1978 di kota ini. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang butuh kesegaran untuk menghilangkan dahaga. Tak hanya itu saja, tempat ini menjadi pionir pertama dalam menyuguhkan semangkuk rujak es krim, yaitu Rujak Es Krim Pak Nardi.

Tampilan Rujak Es Krim Pak Nardi (dok. Narda Sinambela)
Tampilan Rujak Es Krim Pak Nardi (dok. Narda Sinambela)
Rujak Es Krim Pak Nardi merupakan salah satu kuliner yang sudah sangat legendaris di kota Jogja. Rujak es krim ini sudah menemani masyarakat lokal ataupun pelancong yang datang ke Jogja sejak tahun 1978. 

Pegawai Warung Rujak Es Krim Pak Nardi saat melayani pembeli (dok. Narda SInambela)
Pegawai Warung Rujak Es Krim Pak Nardi saat melayani pembeli (dok. Narda SInambela)
Tidak hanya itu saja, pemilikinya Nardi (67) dikenal sebagai pionir pertama dalam membuat inovasi rujak es krim. Pasalnya, saat itu selain Nardi belum ada yang berjualan makanan seperti itu, tidak seperti sekarang ini rujak es krim sangat banyak menjamur.

Sebelum bertempat di ruko, Warung Rujak Es Krim Pak Nardi hanya berupa gerobak dorong keliling. Namun, sejak tahun 1980 Nardi berjualan di bawah pohon yang berada di depan rukonya saat ini dengan ditutupi terpal seadanya dan diberi beberapa kursi bagi pembeli. Pada Agustus 2019 lah, Nardi pindah ke ruko. 

Rujak Es Krim Pak Nardi dapat ditemukan di jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Buat kamu yang mau coba bisa datang mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Cukup mengeluarkan duit Rp8.000,00 saja kamu sudah dapat merasakan semangkuk kelezatan Rujak Es Krim Pak Nardi.

Ketika, berkunjung ke Warung Rujak Es Krim Pak Nardi, saya tidak menemukan sosok Nardi, melainkan hanya pegawainya yang berjualan. 

Namun, saya berhasil menemui anak bungsu Nardi yang bernama Novia Kurniawati (27). Ia mengatakan, awal mencetuskan ide ini, karena sebelumnya sudah menjual es krim. Lalu mencoba mencampurkannya dengan mutiara dan roti. Lalu, karena di rumah panen buah-buahan, seperti sawo dan mangga lama kelamaan buah itu dicacah dan diparut sampai sekarang, kemudian dijadikan es krim rujak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN