Mohon tunggu...
Na Ra
Na Ra Mohon Tunggu... Freelancer - Brave

Siapa yang bersungguh sungguh maka ia akan dapatkan. Be brave and action Mimpimu sedikit lagi tercapai

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Nasehatmu yang kini menjadi penguat hatiku

8 Desember 2020   22:06 Diperbarui: 9 Desember 2020   05:40 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

ibu,


Tak terasa 11 bulan berlalu aku sudah tak bisa mendengar nasehatmu yang selalu mengajarkan padaku agar selalu mendahulukan allah di atas segalanya dan selalu mengatakan padaku agar selalu menjadi orang yang bertaqwa.

Namun, kini aku merasa sendiri dan sepi tanpa engkau ibuk. Kadang aku masih sering mengeluarkan air mata disaat sendiri. Aku tidak mau air mataku terlihat oleh orang lain karena engkau yang mengajarkan padaku untuk selalu curhat dan berharap pada allah, engkau pun yang mengatakan bahwa “ jika kamu berharap pada manusia kamu akan kecewa tapi jika kamu berharap pada allah maka allah pasti akan menolong mu dan tidak akan membuatmu kecewa” nasehatmu begitu banyak tapi kalimat itulah yang sering kau berikan padaku.

Ibu, andai kau tau semenjak kepergian mu hari demi hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan berikutnya hatiku selalu menyebut namamu untuk mendoakan mu dan rinduku padamu hanya berbalas kan air mata tanpa bisa aku menyentuh ragamu yang selalu kau perjuangkan untukku. Aku tahu pengorbanan mu begitu luar biasa agar aku bisa menjadi manusia berguna dan engkaulah ibu yang selalu menyemangati ku untuk mengejar mimpi dan berusaha agar anakmu ini bisa melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.
Kini keinginanmu telah terwujud, karena aku bisa melanjutkan pendidikan. 

Tapi buk, kadang aku merasa lemah apakah aku bisa berjuang tanpa ibu di sisiku, tanpa ibu yang dulu selalu bangun malam untuk mendoakan anak anaknya dan tanpa ibu yang selalu membuatku sejuk jika aku berada didekat mu.
Untuk ibuku, aku sayang dan aku tak akan pernah untuk lupa mendoakan mu karena ibuk lah malaikat yang allah hadirkan untukku dan menyayangiku tanpa pamrih. Ibu surga adalah tempat yang pantas untukmu dan seorang anak tak pantas menurutku jika sudah mempunyai keluarga baru kemudian ia lupa akan orang tua yang dulu menyayanginya. Jika ibumu masih ada dan berusia lanjut luangkan waktumu untuk ibumu karena beliau tak menginginkan hartamu melainkan  belaian hangat dan perhatianmu padanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun