Mohon tunggu...
Naqoy The7Awareness
Naqoy The7Awareness Mohon Tunggu... Penulis - Trainer & Konsultan Leadership SDM di BUMN

Penulis buku laris The7awareness, Pemecah rekor MURI 2009, Master Trainer dan Sang Penutur Kesadaran indonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

8 Negara yang Berhasil dalam Vaksinasi dan Membebaskan Warganya Tidak Menggunakan Masker

20 Juli 2021   06:05 Diperbarui: 20 Juli 2021   06:21 432 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Negara yang Berhasil dalam Vaksinasi dan Membebaskan Warganya Tidak Menggunakan Masker
Dokumen Pribadi

Nama Sarah Gilbert, peramu vaksin Astrazeneca menjadi viral ketika mendatangi area stadion tenis Wimbeldon Inggris, Sarah dianggap pahlawan karena berhasil meramu vaksin yang dianggap efektif, ribuan penonton tanpa masker bertepuk tangan sebagai tanda terima kasih bahkan diluar stadion para penonton membentangkan spanduk ucapan terima kasih untuknya. 

Yang menarik dari acara di Wimbeldon adalah para penonton tidak menggunakan masker dan duduk berdekatan seperti layaknya "tidak ada virus corona", ada yang penasaran bertanya "bagaimana di Indonesia, kok belum?", memang kebijakan setiap negara berbeda-beda karena situasi menghadapi virus masing-masing negara sangat berbeda, artinya ketika kita melihat negara yang bahkan sekarang telah memperbolehkan warganya tidak menggunakan masker dipastikan dengan alasan fakta dan data yang menunjukan penurunan virus Covid 19 di negaranya, berikut adalah negera-negara yang  tidak mewajibkan warganya menggunakan masker setelah mendapatkan vaksinasi lengkap.

1. Amerika Serikat, tepat tanggal 13 mei 2021 Presiden Amerika Joe Biden mengumumkan bahwa Amerika mencabut aturan memakai masker bagi warga yang sudah mendapatkan vaksin Covid -19. Direktur CDC Rochelle Walensky mengatakan siapapun yang mendapatkan vaksin lengkap (dua dosis) dapat berkegiatan di dalam dan diluar ruangan tanpa memakai masker atau menjaga jarak fisik.Hal ini tentu saja disambut penuh semangat oleh warga di Amerika sendiri. 

2. Denmark, Pemerintah mengumumkan aturan baru sejak tanggal 4 Juni 2021 yaitu warganya boleh tidak menggunakan masker kecuali saat menggunakan transportasi umum, bahkan dikabarkan bulan september 2021 pemerintah Denmark akan sepenuhnya menghapus aturan menggunakan masker.

3. Perancis, Perdana Mentrinya Jean Castex membolehkan warganya tidak memakai masker di dalam ruangan sejak tanggal 17 Juni 2021 lalu.

4. Yunani, sejak tanggal 24 Juni 2021 setelah melihat angka kasus Covid 19 semakin turun pemerintah setempat mengizinkan warganya tidak menggunakan masker di luar ruangan.

5. Islandia, dalam situs web resminya mengumumkan sejak tanggal 26 Juni 2021 di negaranya tidak ada lagi pembatasn Covid 19 di negeranya, Negara yang terletak di Eropa Utara ini telah mengatasi pandemi dengan baik karena berhasil memberlakukan Lockdown secara efektif.

6. Spanyol, warganya boleh tidak menggunakan masker walau harus menjaga jarak fisik . Namun ketikawarganya keluar rumah membawa masker sebagai persiapan jika ada hal-hal yang diluar dugaaan terjadi.

7.Italia, melalui Menteri Kesehatanya Roberto Speranza mengatakan bahwa Italia membebaskan warganya untuk tidak menggunakan masker sejak tanggal 28 Juni 2021 lalu. 

8. Korea Selatan, Perdana Menterinya Kim Boo-Kyum mengatakan bahwa warganya diperbolehkan tidak menggunakan masker sejak bulan juli 2021. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x