Mohon tunggu...
Naomi Tehillah
Naomi Tehillah Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Cita-cita jadi penulis, semoga tercapai!

Selanjutnya

Tutup

Home

Tembok Rembes dari Tetangga? Segera Lakukan Ini!

9 September 2022   15:04 Diperbarui: 9 September 2022   15:11 87 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tembok/Atap Rembes | Sumber: Canva.com

Mengalami tembok rembes dari tetangga tidak lagi menjadi hal yang jarang ditemui. Tentunya, peristiwa tersebut bukanlah peristiwa yang menyenangkan dan justru menambah beban tambahan. Lalu, mengapa tembok bisa rembes? Hal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi dinding yang lembab dan retak. 

Kelembaban tembok bisa berasal dari perbatasan tembok tetangga dengan hunian Anda dan tembok tersebut jarang terpapar sinar matahari. Hal tersebut menyebabkan, tembok sering terkunci dalam situasi lembab dan tidak dapat kering melalui sinar matahari. 

Baca Juga: Lakukan Ini untuk Atasi Tembok Rembes dari Tetangga

Rembes juga dapat terjadi karena adanya keretakan tembok pada dinding hunian. Ditambah lagi, jika tetangga memiliki atap yang lebih tinggi, maka sangat memungkinkan rumah Anda terkena air hujan yang jatuh dalam jumlah yang banyak, dari aliran atap tetangga Anda. Kemudian, air mengalir ke arah tembok yang retak tersebut. Maka dari itu, rembes terjadi.

Ketika tembok rembes dari tetangga, segera lakukan perbaikan dengan melakukan tips dan trik yang akan kami sajikan di artikel ini. 

Cara Atasi Tembok Rembes dari Tetangga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tembok rembes bisa terjadi karena adanya tembok yang selalu lembab dan adanya retakan. Maka dari itu, Anda perlu melihat terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab, lalu Anda bisa melakukan perbaikan setelahnya. Berikut ini adalah cara mengatasi tembok rembes dari tetangga.

1. Lakukan Aplikasi Acian Ulang

Jika masalah utama terjadi karena tembok lembab, Anda bisa mengaci ulang dengan acian anti bocor yang bersifat kedap air. Aplikasikan acian tersebut pada dinding yang menjadi sumber kebocoran. Acian ulang juga bisa mengatasi jika terjadinya tembok retak. 

Carilah acian yang mampu mengisi celah sempit sehingga permukaan dinding menjadi padat dan tidak berlubang. Jika proses pengacian sudah selesai, Anda bisa kembali melapisinya dengan cat waterproof. 

2. Perbaiki Plesteran Dinding

Anda juga bisa mengatasi tembok rembes dari tetangga dengan melakukan perbaikan pada plesteran. Anda bisa mengelupas plester lama terlebih dahulu lalu melakukan plesteran kembali. Namun, apabila plesteran Anda tidak bermasalah, Anda bisa melakukan acian ulang saja dan mengecatnya dengan cat waterproof.

3. Waterproof Injeksi

Cara terakhir adalah melakukan waterproof injeksi apabila kebocoran dan rembes berasal dari bawah tembok. Namun, cara ini memerlukan tenaga profesional yang mampu melakukan waterproof injeksi pada hunian Anda. Pertama, waterproof injeksi perlu melakukan pengeboran sesuai dengan kebutuhan rumah Anda dan tetangga.

Setelahnya, pipa aluminium akan masuk ke dalam hasil pengeboran sebagai jarum sunit. Kemudian, dimasukkan kembali cairan kimia pada pipa ketika bertemu dengan air. Nantinya, cairan kimia tersebut akan berubah menjadi busa dan menghadang dinding yang bocor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan