Mohon tunggu...
Naomi Tehillah
Naomi Tehillah Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Cita-cita jadi penulis, semoga tercapai!

Selanjutnya

Tutup

Home

7 Langkah Membuat Plamir Tembok Sendiri

9 September 2022   12:11 Diperbarui: 9 September 2022   12:17 62 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Plamir | Sumber: Canva.com

Plamir sendiri merupakan salah satu tahap yang dilakukan sebelum masuk ke fase pengecatan tembok. Tahukah Anda bahwa plamir bisa dibuat sendiri tanpa menggunakan tukang? 

Tentu menggunakan jasa tukang lebih tergolong efektif dibanding melakukannya sendiri. Namun, apabila Anda sedang ingin melakukan penghematan biaya tukang, membuat plamir sendiri bisa menjadi opsi Anda.

Plamir sendiri berguna untuk mencegah dinding memiliki tekstur, tidak rata, atau berlubang. Dengan menggunakan plamir, hasil dinding Anda tentunya akan menjadi lebih halus. Berikut ini pembahasan cara pembuatan dan pengaplikasian plamir sendiri dengan mudah.

Baca Juga: Tanpa Tukang, Ini 7 Cara Membuat Plamir Tembok Sendiri

Cara Plamir pada Tembok Tanpa Tukang

Tahapan plamir tembok cukup simpel dan sederhana. Anda cukup memperhatikan dan melakukan langkah-langkah yang kami sajikan di bawah ini. Berikut adalah cara plamir tembok sendiri tanpa tukang.

1. Pastikan Tembok dalam Keadaan Bersih

Pertama, Anda perlu memastikan tembok dalam keadaan bersih sebelum diplamir. Anda bisa membersihkan tembok dengan kain basah dan mulai menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Kotoran dan debu dapat membuat plamir tidak dapat merekat dengan kuat dan sempurna. Maka dari itu, pastikan Anda sudah membersihkannya secara tuntas.

2. Siapkan Plamir 

Dalam membuat adonan plamir, Anda tidak perlu terlalu pusing. Bahan-bahan yang Anda butuhkan semuanya sudah tersedia di toko bangunan. Anda bisa mencampur plamir dengan air, lem, dan kalsium dengan perbandingan sesuai dengan petunjuk penggunaan di kemasan. Jika ingin yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan produk semen putih instan yang dijual di pasaran.

3. Aplikasikan Plamir Tembok

Setelah adonan plamir siap, Anda bisa mengaplikasikannya langsung pada tembok yang sudah dibersihkan. Pastikan adonan plamir sudah menutup tembok secara menyeluruh dan rata. 

4. Proses Pengeringan

Agar hasil sempurna, Anda perlu bersabar menunggu hingga plamir sepenuhnya kering. Umumnya, plamir membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam sampai hasil benar-benar kering. 

5. Amplas

Jika sudah dipastikan kering seluruh bagiannya, maka Anda perlu mengamplas dinding, gunanya agar tidak ada tekstur yang menggumpal dan membuat cat lebih bagus dan merata. Proses ini juga perlu memakai aplas halus sehingga tidak merusak permukaan dinding yang sudah di plamir

6. Periksa Hasil Akhir

Setelah kering, periksa kembali hasil plamir tembok. Pastikan tidak ada bagian tembok yang masih berlubang atau belum terkena plamir sama sekali. Jika hasil sudah memuaskan, Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

7. Cat Tembok

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan