Mohon tunggu...
Naomi Widhia
Naomi Widhia Mohon Tunggu...

Ilmu Komunikasi '14 - Universitas Kristen Satya Wacana

Selanjutnya

Tutup

Muda

Pengalaman “Anak” Yayasan

4 Oktober 2016   21:29 Diperbarui: 5 Oktober 2016   11:09 642 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman “Anak” Yayasan
Surat dari Sponsor (orang tua angkat) - Dokumentasi Pribadi

 

Turi.

Ia salah satu mahasiswi UKSW prodi Ilmu Komunikasi, yang mau membagi pengalamannya tentang beasiswa dan proses untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Ia mendapatkan beasiswa sejak masih duduk dibangku Sekolah Dasar sampai kuliah sekarang ini, dan beasiswa tersebut berasal dari yayasan Comppasion. Ia mengetahui beasiswa dan yayasan tersebut dari pengumuman yang ada di gereja.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut yaitu; bergabung atau masuk PPA (Pusat Pengembangan Anak), rajin beribadah di gereja dan melayani Tuhan. Selain itu juga melalui proses seleksi, yang dilihat dari sisi perekonomian keluarga dan tidak semua pendaftar dapat diterima.

Besar beasiswa yang Turi dapatkan berbeda ketika ia masih sekolah dan kuliah.

Ketika sekolah, ia hanya membayar 20% per bulan yang berarti ia mendapat beasiswa 80% dari yayasan. Sedangkan ketika kuliah ia mendapatkan U$ 1.500 (senilai Rp 20.664.000), yang didapatkan hanya sekali dan beasiswa ini didapatkan dari program CIV (program khusus kuliah).

Demi ikut CIV, Turi harus mendapatkan nilai kuliah yang bagus (IPS dan IPK tidak turun) dan aktif di gereja. Serta ia juga harus rajin memberi laporan kegiatan kuliah dan gereja, ketika sudah mengikuti program CIV.

Selama mendapatkan atau bergabung dengan Compassion, menurut Turi yang menjadi ujung tombak untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah PPA. Di PPA ia mendapatkan sponsor (orang tua angkat) yang belum pernah ia temui.

Sponsor Compassion berasal dari seluruh belahan bumi.

Sponsor tersebut memilih anak-anak PPA dari foto yang diberi Compassion kepada calon sponsor. Anak-anak PPA sering mendapatkan hadiah dan surat dari sponsornya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x