Mohon tunggu...
Kinanthi
Kinanthi Mohon Tunggu... foto

seseorang yang meluangkan waktu untuk menulis sekadar menuangkan hobi dengan harapan semoga bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menekuni Hobi sambil Mengais Rezeki

5 Agustus 2020   11:22 Diperbarui: 5 Agustus 2020   11:33 39 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menekuni Hobi sambil Mengais Rezeki
hot.liputan6.com

            "Duh, menjengkelkan deh suamiku. Sukanya mengisi waktu luangnya dengan memelihara burung,"gerutu seorang ibu.

"Suamiku, sukanya bermain bola. Kalau sudah berada di antara para pemain bola tingkat RW kami, ia bisa lupa waktu, tenaga, dan uang."

Saya yang berada di antara mereka nyeletuk sekenanya,

"Waktu manusia sama, semua 24 jam. Jika waktu yang tersisa digunakan untuk menekuni hobi, entah memelihara burung, bermain bola, membaca dan menulis, bagus tuh. Daripada main perempuan lain. Malah pusing Kalian nanti."

Keduanya pun terdiam sebelum akhirnya menepuk bahuku,

"Boleh juga yang Kausampaikan. Daripada main perempuan lain ya?" jawab keduanya hampir bersamaan.

Adakalanya, untuk menghilangkan kebosanan maupun mengisi waktu luang sepulang kerja, seseorang menyalurkannya dengan cara menekuni hobinya. Namanya juga hobi. Jika menghasilkan uang tentu suatu kemujuran, karena tidak dibayar pun sukarela menekuninya, apalagi berbayar. Duh, rasanya tak ada kesibukan seindah menekuni hobi tapi memperoleh bayaran pula.

Kembali kepada menekuni hobi. Banyak orang yang menyalurkan hobi dengan memelihara ikan-ikan di kolam. Kolamnya pun ada yang kecil sampai luas untuk berenang anak-anak kecil. Ada juga yang hobi memelihara burung dengan sangkar kecil sampai sangkarnya seluas rumah yang didesain ala alam bebas nan asri.

Memang ada beberapa binatang  peliharaan yang kini ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi, Beberapa jenis burung peliharaan yang populer kini sudah ditetapkan sebagai jenis burung yang dilindungi. Binatang yang termasuk dilindungi dan membuat pemeliharanya terancam masuk penjara misalnya, burung hantu, pinguin, beruang madu.

Sementara itu, aneka burung yang belum atau tidak masuk sebagai satwa yang dilindungi, pada umumnya diimpor dan sudah banyak dikembangbiakkan di dalam negeri, misalnya lovebird, kenari, kacer, kutilang, selain burung-burung yang bisa dilombakan. Sedangkan burung hantu, burung nuri, burung kakatua, burung elang termasuk burung yang dilindungi.

Pada dasarnya, hobi manusia tidak dibatasi termasuk memelihara binatang, asalkan hobi tersebut dilakukan dengan cara yang baik dan tidak ada unsur menyakiti maupun menyiksa. Bukankah memelihara binatang untuk kendaraan dan sebagai bahan pangan pun tidak dilarang? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN