Mohon tunggu...
Nanik Maya Marettama
Nanik Maya Marettama Mohon Tunggu... nanik

you know me and you dont

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UNS Tetap Menjalankan KKN Meski Sedang Dilanda Pandemi Covid-19

11 Juli 2020   11:53 Diperbarui: 11 Juli 2020   11:51 11 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNS Tetap Menjalankan KKN Meski Sedang Dilanda Pandemi Covid-19
Dok. pribadi

Blora (29/06/2020), Nanik Maya Marettama seorang mahasiswa Program Studi Ilmu Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan KKN ini sedikit berbeda dengan KKN sebelumnya yang mengharuskan mahasiswa secara berkelompok melakukan KKN langsung turun ke suatu daerah untuk mengabdi dan memberi manfaat kepada masyarakat, kini setiap mahasiswa secara individu ditugaskan menjadi relawan UNS Tanggap Wabah COVID-19 ke wilayah masing-masing sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Salah satu lokasi pelaksanaan KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 ini adalah di Dusun Bendo RT 07 RW 01, Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora yang dilaksanakan pada periode 15 Mei-29 Juni 2020 yang merupakan KKN Batch 2. KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 ini berada dibawah bimbingan DPL Bapak Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, ST, M.Si, mahasiswa bernama Nanik Maya Marettama (H0917056) menjalankan program KKN di tempat tersebut.

Mahasiswa ini melaksanakan program KKN COVID-19 dengan mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap COVID-19" Terdapat berbagai program kerja yang dilaksanakan yaitu (1) pemberian masker gratis serta edukasi pentingnya pemakaian masker saat berpergian keluar rumah, cara menggunakan masker yang benar serta cara mencuci masker yang benar, (2) pemasangan bak cuci beserta sabun cuci tangan tangan gratis di titik stategis serta edukasi cara cuci tangan yang benar, (3) pembagian  handsanitizer gratis serta edukasi pentingnya pemakaian handsanitizer, (4) memberikan edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) selama pandemi COVID-19, (5) memberikan edukasi tentang physical distancing, stay at home, etika bersin dan batuk, serta kebijakan new normal yang diterapkan pemerintah, (6) memberikan edukasi tips kegiatan yang bisa dilakukan selama stay at home serta parenting saat new normal dilaksanakan, (7) memberikan informasi terbaru terkait perkembangan kasus COVID-19 baik di Indonesia maupun di Kabupaten Blora, (8) mengajak tetangga untuk menanam cabai dan tomat untuk kemudian dibagikan untuk warga sendiri (9) mendampingi anak sekitar rumah untuk belajar selama stay at home serta membagikan buku tulis dan alat tulis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Program kerja tersebut dilakukan secara langsung dan online melalui media sosial seperti whatsApp group dan Instagram untuk menghindari warga berkumpul sebagai upaya penerapan physical distancing guna mencegah penularan COVID-19.

"Pada masyarakat di desa yang masih kurang mengenal teknologi, edukasi secara daring atau online kurang efektif untuk mereka. Maka harus menjalankan program KKN dengan turun langsung ke masyarakat walaupun dengan cara ini sangat rawan terhadap penularan virus, namun kami tetap menjalankan sesuai dengan protokol Kesehatan" ujar Nanik

Banyak warga yang belum mengerti bahaya dan cara penularan COVID-19, bahkan program pemerintah tentang New Normal ini, beberapa masyarakat mengira bahwa pandemi COVID-19 telah selesai.

"Masih bagi-bagi masker apa korona belum hilang mbak?" ujar Warni. Kemudian kami menjelaskan mengenai New Normal dan edukasi lainnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai COVID-19 dan membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran virus melalui pembagian masker dan hand sanitizer serta edukasinya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x