Mohon tunggu...
nanik kartika
nanik kartika Mohon Tunggu... Jurnalis - menulislah, maka engkau ada!

wanita biasa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Seringkali Saya Tidak Konsisten

22 Juli 2020   03:12 Diperbarui: 22 Juli 2020   03:53 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir-akhir ini saya merasa, bahwa selama ini seringkali saya tidak konsisten. Hampir separuh usiaku (masa anak-anak tidak dihitung lho ya, karena masih polos dan lugu), saya tidak menyadari bahwa saya tidak konsisten. Baru akhir-akhir ini, tiba-tiba saya menemukan kesadaran, bahwa saya seringkali tidak konsisten.

Jauh-jauh hari, sudah diwanti-wanti Kanjeng Guru, jangan menyimpan rasa benci. Apalagi merawatnya, oh jangan!

Saya mengangguk, berusaha mengenyahkan rasa benci. Hari demi hari, saya merasa sudah mampu memindahkan rasa benci ke laut. Hatiku menjadi enteng. Benarkah?

Kalau saya benar-benar tidak mempunyai rasa benci, mengapa darah saya selalu mendidih setiap membuka postingan di medsos, yang tidak sesuai dengan apa yang kuinginkan? Kalau saya tidak mempunyai rasa benci, mengapa saya dengan entengnya menilai bahwa pendapat dia benar dan pendapat di sebelah sana tidak benar? Apakah saya mempunyai hak untuk menilai?

Kalau saya tidak mempunyai rasa benci, mengapa saya sibuk mencari penjual kurma?

Artinya, saya masih manusia biasa (yang terus berusaha menjadi lebih baik).

  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun